Jumat, 20 September 2024

Pj Bupati Bangkalan Dapat Gelar Profesor Kehormatan dari Unissula Semarang

Diunggah pada : 16 Juli 2024 10:40:19 108

Jatim Newsroom - Pj. Bupati Bangkalan Arief dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Pengukuhan dilakukan di Gedung Kuliah Bersama Universitas Sultan Agung, Kota Semarang. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Selasa (16/7/2024), prosesi pengukuhan gelar profesor kehormatan diawali dengan orasi ilmiah yang disampaikan Pj Bupati Bangkalan bertema "Kepemimpinan dalam Pencegahan Korupsi Guna Mewujudkan Kepastian Hukum dalam Pemerintahan yang Berintegritas" di depan Rapat Senat yang dipimpin secara langsung oleh Rektor Unissula Prof. Dr. Gunarto SH, MH.

Pj Bupati Arief menyampaikan pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh pejabat pemerintahan haruslah bisa dipertanggungjawabkan serta sesuai dengan keperuntukan dan peraturan. "Nilai integritas menjadi fondasi yang sangat penting dalam menjalankan tata kelola pemerintahan. Terjadinya perilaku menyimpang korupsi dalam lingkungan pemerintahan akan berdampak pada tindakan korupsi berjemaah. Karena itu faktor pengawasan serta menanamkan nilai integritas sangatlah penting," jelasnya.

Pj Bupati Arief berharap orasi yang disampaikannya tersebut dapat menjadi motivasi serta memberikan manfaat bagi para pejabat daerah untuk bisa bekerja sesuai dengan aturan. "Karena dampak korupsi ini selain merugikan masyarakat dan negara, juga berdampak psikologis dan menjadi tekanan di lingkungan kerja," lanjutnya.

Terkait dengan diperolehnya gelar Profesor Kehormatan, Pj Bupati mengungkapkan rasa syukur. Gelar yang diperolehnya merupakan bentuk doa dan dukungan dari orangtua dan keluarga. Meski demikian, gelar yang diperolehnya akan menjadi tanggung jawab serta amanah untuk bisa mengajak dan menjadi contoh bagi masyarakat.

Sedangkan Prof. Gunarto mengatakan Unissula Semarang merupakan kampus yang terakreditasi serta memiliki program Doktor Studi Ilmu Hukum yang unggul. Dari total 3.800 perguruan tinggi negeri/swasta di seluruh Indonesia, Unissula ranking ke-27, selain itu juga telah terakreditasi primer internasional dari Negara Belanda. (van/hjr)

#Kabupaten Bangkalan #Pj Bupati Bangkalan