Jumat, 20 September 2024

Pertandingan Pacu Kuda PON XXI Aceh-Sumut 2024 Dimulai

Diunggah pada : 11 September 2024 23:54:20 159
Pacu Kuda PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Dibuka dengan Venue Terbaik Indonesia Disorot. Foto: dok.ponxxi.acehprov.go.id.

Jatim Newsroom - Rangkaian pertandingan Pacu Kuda Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 resmi dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman. Acara tersebut berlangsung di gelanggang HM. Hasan Gayo, Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Takengon, Aceh Tengah pada Rabu (11/9/2024).

Dalam sambutannya, Marciano Norman, mengapresiasi venue sepanjang 1.400 meter yang mencakup area seluas 27 hektar. Venue ini akan menjadi tempat pertarungan untuk 10 nomor pertandingan Pacu Kuda yang digelar pada 11-12 September 2024.

“Lapangan ini adalah yang terbaik di Indonesia. Meskipun belum sepenuhnya selesai, saya yakin dalam waktu dekat, venue ini akan menjadi kebanggaan kita semua,” ujar Marciano, Seperti dikutip pada laman ponxxi.acehprov.go.id.

Dia berharap fasilitas yang didukung oleh Kementerian PUPR ini dapat dimanfaatkan setelah PON XXI, baik untuk kompetisi atletik maupun untuk mendongkrak perekonomian melalui sport tourism dan industri olahraga. Marciano juga menyambut baik antusiasme masyarakat yang hadir untuk menyaksikan acara ini.

“Untuk itu, saya titipkan venue ini kepada Bapak Bupati Aceh Tengah agar semakin banyak event yang dapat diselenggarakan setiap tahunnya. Saya yakin Pacu Kuda di Takengon akan semakin berkualitas dan membanggakan,” tambah Marciano, yang juga merupakan mantan joki Pacu Kuda.

Pada kesempatan tersebut, Marciano memberikan apresiasi tinggi kepada PB PON XXI, pemerintah daerah setempat, serta semua pihak yang terlibat dalam mendukung acara ini.

Hadir dalam pembukaan adalah Ketua Umum PP Pordasi Triwatty Marciano, Pj. Bupati Aceh Tengah Subhandhy, serta pejabat dari daerah lainnya.

Technical Delegate (TD) Pacu Kuda, Andi Fauzan, menyatakan bahwa semua persiapan infrastruktur inti sudah rampung, termasuk track pacu, tribun penonton, ruang atlet, dan fasilitas lainnya. “Kami sudah memastikan semua sarana dan prasarana tersedia dan siap untuk digunakan, meskipun ada beberapa detail kecil yang masih dalam tahap finishing,” ungkap Andi.

Sebanyak 11 kontingen akan berpartisipasi dalam pertandingan ini, termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan beberapa provinsi lainnya. Pertandingan akan berlangsung dalam berbagai kelas, mulai dari 1000 meter hingga 2200 meter pada tanggal 11 dan 12 September 2024.

Dengan fasilitas yang memadai dan antusiasme yang tinggi, Pacu Kuda PON XXI diharapkan menjadi salah satu acara yang paling dinantikan di ajang olahraga terbesar Indonesia ini.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024