Kamis, 19 September 2024

Pertama Kali, MTQ Nasional 2024 Terapkan Transformasi Digital

Diunggah pada : 5 September 2024 12:34:18 144
Jumpa Pers MTQ Nasional XXX Kaltim 2024 di Jakarta/ Foto : istimewa

Jatim Newsroom- Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional 2024 yang akan digelar di Kalimantan Timur (Kaltim) akan menandai langkah besar dalam dunia kompetisi keagamaan di Indonesia.

 

Untuk pertama kalinya, MTQ Nasional 2024 di Kaltim akan menerapkan transformasi digital dalam penyelenggaraannya. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan keterlibatan peserta serta masyarakat dalam acara bergengsi ini. Transformasi digital yang diterapkan pada MTQ Nasional 2024 mencakup berbagai aspek, dari pendaftaran hingga pelaporan hasil. Peserta, juri, dan pengunjung akan merasakan kemudahan akses dan interaksi melalui platform digital yang dirancang khusus.

 

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi menjelaskan ada hal istimewa yakni peningkatan kualitas dari sisi penyelenggaraan MTQ Nasional 2024. Caranya dengan pendekatan digital, salah satunya melalui aplikasi pendaftaran e-MTQ berbasis digital. “Aplikasi e-MTQ ini digunakan untuk proses pendaftaran dan verifikasi peserta. Dengan sistem tersebut, Kemenag ingin memastikan data peserta terverifikasi secara akurat dan valid,” ujar Zayadi saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/9/24).

 

Kemudian aplikasi ada e-Scoring. Dengan aplikasi ini peserta dan masyarakat umum bisa langsung melihat skor yang diperoleh secara real time. Begitu peserta selesai mengikuti lomba, skor yang diperoleh otomatis terinput.

 

Lalu ada e-Maqro yakni aplikasi yang menyediakan 5.230 bank soal dengan kerahasiaan yang terjamin. Aplikasi ini dikembangkan sebagai alat pengacak soal dan bahan bacaan (maqro) agar bisa dilakukan secara lebih transparan, akurat dan meminimalkan potensi kesalahan atau manipulasi soal. “Adanya aplikasi akan menghindari spekulasi. Ini akan menuntut peserta untuk memiliki kapasitas yang maksimal. Mereka akan tahu soal saat mereka akan mengambil undian, sangat rahasia,” pungkasnya. (hjr)

#MTQ Nasional Kaltim