Jumat, 20 September 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pemkab Mojokerto Gelar Aksi Bersih Sampah Plastik

Diunggah pada : 6 Juli 2023 8:55:05 86
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, Rabu (5/7/2023). Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Memperingati Hari Lingkungan Hidup, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi bersih-bersih sampah plastik di area Sungai Gangsir, Desa Cinandang, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Rabu (5/7/2023). 

Aksi bersih sampah bertajuk ‘Solutions to Plastic Pollution’ itu, dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup serta menjaga kebersihan sungai, khususnya dari sampah plastik. Aksi ini juga merupakan wujud kerja sama DLH Kabupaten Mojokerto dengan Pemerintah Desa Cinandang. 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dalam siaran pers Humas Pemkab Mojokerto, Kamis (6/7/2023) menyampaikan harapannya bahwa dengan digelarnya aksi bersih-bersih ini semoga dapat menggerakkan masyarakat agar mempunyai kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan meminimalisir sampah plastik.

"Jadi bagaimana kita bersama-sama berperang melawan polusi yang disebabkan oleh plastik. Karena ini masih masalah utama kita semuanya terkait dengan masalah sampah," jelasnya. 

Terkait alasan utama yang melatar belakangi dipilihnya area Sungai Gangsir dalam pelaksanaan aksi bersih sampah ini, Bupati Ikfina menerangkan, karena di area Sungai Gangsir banyak terdapat tumpukan sampah berserakan terutama di areal bawah jembatan sungai. 

"Ini adalah favorit masyarakat untuk membuang sampah. Jadi sampahnya dikumpulkan dalam kantong plastik, kemudian ketika masyarakat lewat jembatan sampahnya dibuang ke sungai. Yang sebagian besar isinya adalah sampah popok bayi," terang Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina menilai, kepedulian masyarakat terhadap sampah sangat kurang, hal tersebut disebabkan masyarakat yang kurang edukasi. Untuk itu, pihaknya akan membuat peraturan terkait pembuangan sampah yang sesuai supaya mempertegas masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. 

"Kita harus kerja keras bagaimana kita mengedukasi dan kita tindaklanjuti itu untuk membuat mekanisme peraturan tegas, supaya masyarakat ini kita paksa untuk tidak membuang sampah sembarangan," tegasnya.

Diketahui, dalam aksi bersih sampah ini Bupati Ikfina juga didampingi Kepala DLH Kabupaten Mojokerto, Zaqqi dan Kepala OPD lainnya, Forkopimca Dawarblandong dan Pemdes Cinandang. Selain bersih-bersih sampah, Bupati Ikfina dan perangkat daerah lain juga melakukan penanaman pohon di sekeliling area Waduk Windu. (vin/s) 

#Bupati Mojokerto #hari lingkungan hidup #Pemkab Mojokerto