Jumat, 20 September 2024

Pemprov Jatim Siapkan Kampanye BBI dan BBWI 'Energi Jawa Timur'

Diunggah pada : 5 Agustus 2024 16:10:09 111

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) akan mempersiapkan agenda besar yakni Puncak Kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Wilayah Indonesia (BBWI) 'Energi Jawa Timur'. 

 

Sekretaris yang juga Plh Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Ariful Buana, Senin (5/8/2024), mengatakan, tema 'Energi Jawa Timur' memiliki konsep design logo dibuat colorful atau penuh warna. Hal tersebut untuk memberi kesan meriah, festive dan egaliter, karena beragam pesona khas Jawa Timur dipadu dengan campaign Kementerian ESDM yang disajikan dalam satu bentuk design ilustratif menarik. 

 

Selain sebagai identitas event, konsep 'Energi Jawa Timur' diharapkan dapat menarik perhatian publik untuk hadir dan berpartisipasi pada acara. Meskipun Konsep key visual ini sebenarnya masih dalam pengembangan, termasuk elemen design serta panduan untuk pembuatan materi promosi. 

 

Persiapan kampanye ini juga untuk memenuhi target Gerakan Nasional terkait BBI/Produk Dalam Negeri (PDN) dan BBWI. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga keberlanjutan Gernas BBI/PDN dan BBWI dengan meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan terkait untuk mengaktivasi BBI/PDN dan BBWI dalam rangka menggerakkan roda perekonomian.

 

Peran Pemerintah daerah seperti Pemprov Jatim dalam pelaksanaan Gerakan Nasional ini utamanya adalah melaksanakan rangkaian dukungan agenda Gernas BBI/ PDN/ BBWI selama 3 bulan dengan puncak acara disinergikan dengan perayaan HUT daerah. Bentuk kegiatannya antara lain, pelatihan pelaku usaha, promosi/ pameran, seremoni/ harvesting, melibatkan atau mendorong sekolah, vokasi, kampus untuk aktivasi berbagai kegiatan bangga produk/wisata lokal. 

 

Adapun konsep pelaksanaan kampanye pada tahun 2024 ini, dibagi menjadi tiga poin utama yakni, pertama, opening/Kick Off Gernas BBI/PDN/BBWI 2024 yang akan dilaksanakan sekaligus seluruh daerah secara daring pada awal 2024, mengundang K/L, Kepala Daerah, Topbrand (PIC: Kemenparekraf). 

 

Kedua, rangkaian kegiatan Gernas BBI/BBWI 2024 meliputi acara peluncuran, pelatihan dan pendampingan UMKM/pelaku wisata, fasilitasi sertifikasi dan perizinan, temu bisnis, seminar, pameran secara luring, sesi belanja oleh para pimpinan K/L, pejabat pemerintah pusat/daerah hingga apresiasi. 

 

Dan ketiga, program BBI/PDN di daerah tetap dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan minimal tiga bulan guna peningkatan kualitas PDN mengacu pada konsep 'Produk Lokal Berinovasi'. Oleh karena itu, sebagian besar sumber daya dan waktu agar dikerahkan untuk peningkatan kualitas produk lokal. Agenda harvesting atau seremoni BBI/BBWI 2024, akan dilakukan pada 12 Oktober 2024 di Surabaya Jawa Timur. Kementerian ESDM akan bertindak sebagai Campaign Manager, dan LKPP akan mengkoordinasikan belanja PDN oleh Pemprov, Pemkab, Pemkot, dan Pemdes. 

 

Rancang program yang akan dilakukan, yakni koordinasi dengan pemangku kepentingan (Pemprov + Pemkab/Pemkot Jawa Timur, K/L terkait, Top Brands, Komunitas, potensi pendukung acara di daerah), audiensi dengan Gubernur Jawa Timur, peluncuran program (BBI/BBWI terkait Energi), pendataan atau pemetaan UMKM dan lokasi wisata potensial. 

 

Kurasi terhadap UMKM dan lokasi wisata potensial, pelatihan + fasilitasi (daring/luring) terhadap UMKM potensial, promosi UMKM, lokasi wisata potensial di media konvensional maupun daring, lomba kreatif terkait UMKM, lokasi wisata potensial, HARVESTING: PESTA RAKYAT dengan mengangkat budaya lokal, SEREMONIAL bersama VIP, Pameran UMKM terpilih, Pameran Potensi Wisata Jawa Timur, Entertainment, Takshow, Doorprize dan Subsidi belanja produk UMKM, Apresiasi dan pengumuman lomba, apresiasi UMKM yang telah menerapkan Hemat Energi/Sustainable Energi. 

 

Adapun jadwal untuk puncak kampanye ini, ialah, Juni 2024 (proposal dan desain acara), Juli 2024 (peluncuran program rilis media), Agustus 2024 (lomba kreatif, perizinan, pengisi acara dan undangan), September 2024 (penilaian), Oktober 2024 (produksi acara, konferensi pers, dan puncak acara). Puncak kampanye 'Energi Jawa Timur' akan diadakan pada Sabtu dan Minggu 12 - 13 Oktober 2024, di Parkir Timur Delta Plaza, pukul 10.00-22.00 WIB. 

 

Ada tiga usulan tema yang akan dipakai dalam acara ini, yakni, pertama Green Energy / Energi Terbarukan, Mitigasi Bencana Geologi, dan Pesona Jawa Timur. Target UMKM yang akan diikutkan dalam acara ini sebanyak 200 UMKM, sedangkan target pengunjung, sebanyak 5.000 penonton. (vin/hjr)

#produk dalam negeri #ESDM #Energi Jawa Timur #BBI #BBWI