Jumat, 20 September 2024

Pemprov Jatim Lakukan Percepatan Implementasi SIPD

Diunggah pada : 19 September 2024 19:07:49 13
Rapat Percepatan Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) RI Penatausahaan dan Akuntansi Pelaporan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis(19/9/2024). (foto: Wahyu).

Jatim Newsroom - Guna menyatukan data baik dari perencanaan, keuangan, sampai dengan pelaporan daerah, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar rapat Percepatan Implementasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) RI Penatausahaan dan Akuntansi Pelaporan. Kegiatan ini berlangsung di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Kamis (19/9/2024).

Rapat dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemiarsono, didampingi oleh Kepala BPKAD Prov. Jatim, Sigit Panoentoen, Kepala Bappeda Jatim, M.Yasin dengan peserta para pejabat Pemprov Jatim. 

Rapat menghadirkan pembicara melalui daring, yaitu Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr.Drs.Horas Maurits Panjaitan, M.Ec, Dev  dan Kepala Pusat Data  Kementerian Dalam Negeri Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusadtin) Erikson P Manihuruk.

Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Dr.Drs.Horas Maurits Panjaitan, M.Ec, Dev, mengharapkan implementasi dilaksanakan untuk mencegah membengkaknya angaran pemerintah daerah untuk mengembangkan sistem yang memfasilitasi perencanaan dan penglolaan keuangan daerah.

Selain itu, menurutnya, penerapan SIPD memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan pemerintah daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan. (mad/s)

 

#pemprov jatim