Jumat, 20 September 2024

Pakaian Lurik Warnai Boyong Nata Praja dan Sedekah Bumi Kabupaten Nganjuk

Diunggah pada : 10 Juni 2024 18:59:38 192

Jatim Newsroom - Pakaian lurik warnai sejarah perpindahan pusat Pemerintahan Kabupaten Nganjuk yang digelar Pemkab di dua lokasi yakni Pendopo Alun-alun Berbek dan Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo, dalam acara Boyong Nata Praja dan Sedekah Bumi, yang sebelumnya berada di Kecamatan Berbek kemudian pindah di Kecamatan Nganjuk sebagai pusat pemerintahannya. 

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Senin (10/6/2024), proses pemindahan dari Berbek ke Nganjuk juga diiringi dengan gunungan hasil bumi sebagai tradisi Sedekah Bumi masyarakat Kota Angin yang masih terjaga kelestarian hingga saat ini. 

Prosesi boyongan ditandai dengan penyerahan pusaka oleh Camat Berbek kepada Penjabat Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. Sebagai simbol beralihnya pusat kekuasaan dari Ibu Kota Berbek ke Kota Nganjuk. 

Selanjutnya dua pusaka dari Pendopo Alun-alun Berbek diarak dibawa menuju Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo Kota Nganjuk menggunakan Kereta Kuda diikuti oleh jajaran Forkopimda dan seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Nganjuk.

Perlu diketahui, prosesi ini tampak lebih meriah lagi. Pasalnya kirab boyongan tersebut melibatkan semua Pejabat di Pemerintah Kabupaten Nganjuk hingga pengusaha dan tokoh masyarakat Nganjuk. Mereka pun tampak mengenakan pakaian lurik dan diarak menggunakan Dokar dari Berbek menuju Nganjuk.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Sri Handoko menyampaikan Boyong Natapraja bukan sekedar Kirab Kebudayaan biasa, tapi menjadi momen untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan. Menyadarkan masyarakat akan kekayaan budaya bangsa, dan pentingnya menjaga tradisi untuk generasi penerus.

“Momentum ini juga menjadi penyemangat bagi warga Kabupaten Nganjuk dengan sejarah perjalanan Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang begitu luar biasa. Bisa kita pedomani mejadi semangat gotong royong untuk membangun Kabupaten Nganjuk,” jelasnya.

Boyong Natapraja atau hari boyongan perpindahan kedudukan pegawai dari Berbek ke Nganjuk, ungkap Pj. Bupati Sri Handoko, berlangung pada 6 Juni 1880 di era masa pemerintahan Bupati Raden Mas Adi Pati Sosro Koesoemo yang terjadi pada 144 tahun yang lalu. Menjadi bukti bahwa momen bersejarah ini akan terus menjadi pengingat kita bersama akan sejarah kebudayaan dan pembangunan di Kota Angin.

“Kabupaten Berbek ber Ibu Kota di Nganjuk terdiri dari lima wilayah kawedanan. Berbek, Nganjuk, Warujayeng, Lengkong dan Kertosono. Fakta Sejarah ini harus dimengerti, dikuasai sebagai ingatan kolektif terutama para pejabat pemerintahan di Nganjuk. Mari kita ingat pesan Bung Karno Jas Merah! jangan sekali-kali melupakan sejarah,” serunya.

Setibanya di Pendopo K.R.T Sosrokoesoemo, acara dilanjut dengan prosesi Treatikal. Dalam prosesi ini, para tamu undangan disuguhkan sejarah singkat Boyong Pemerintahan yang diperagakan mulai dari depan gerbang hingga masuk ke dalam Pendopo sebagai simbol perpindahan Kabupaten Nganjuk. Di pengujung acara, diseputaran Jalan Basuki Rahmad itu pun semakin riuh. Lantaran 20 Gunungan hasil bumi diperebutkan olah warga yang hadir menyaksikan Boyongan Natapraja dan Sedekah Bumi.

Untuk diketahui, dua pusaka yang diarak dari Berbek ke Nganjuk adalah Pusaka kyai Jurang Penatas dan kyai Tunggul (Wulung) sebagai pusaka andalan Nganjuk. Memiliki filosofi menghancurkan jurang pemisah, meratakan perbedaan yang ada.

Pusaka Tunggul (wulung) memiliki makna mengayomi dan melindungi. Seperti dalam pewayangan pusaka negara Amarta adalah songsong tunggul (wulung) yang dijaga para kesatria Pandawa. (van/hjr)

#Nganjuk