Jumat, 20 September 2024

Padat, Ribuan Warga Saksikan Hari Terakhir Drumband PON XXI/2024

Diunggah pada : 17 September 2024 18:06:19 206
Cabor Drumband. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Ribuan warga memadati bahu Jalan Sultan Serdang, Kabupaten Deli Serdang Sumatra Utara untuk menyaksikan hari terakhir nomor Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB) Cabang Olahraga (Cabor) Drumband pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

 

Mengutip laman ponxxi.sumutprov.go.id, Selasa (17/9/2024), sepanjang jalan dari garis start hingga finish, warga yang terdiri dari pria, wanita, tua dan muda hingga anak-anak berdiri di bahu Jalan Sultan Serdang, Sumatra Utara. Warga yang berdiri tak sabar menantikan kehadiran kontingen drumband dari 8 provinsi yang akan melintas. 

 

Seorang warga bernama Ayu mengaku, senang bisa menyaksikan Cabor Drumband pada PON XXI Aceh-Sumut. Ia mengaku, baru kali ini bisa menyaksikan PON Aceh-Sumut. 

 

"Tanggal merah, libur kerja jadinya ke sini bawa anak," ujarnya. 

 

Ayu mengatakan, ia dan keluarganya sudah menyaksikan PON secara langsung di venue-venue yang ada di Sports Centre Sumut. 

 

"Kemarin saya nonton pertandingan voli. Kesempatan sih ini, kapan lagi mau nonton PON," katanya. 

 

Diketahui, hari terakhir pelaksanaan LKKB Cabor Drumband yang mengambil tempat di Jalan Sultan Serdang memperlombakan 2 nomor. Yakni LKKB 8000 campuran. Ada 4 medali emas yang akan diperebutkan

 

Technical Delegate Cabor Drumband PON XXI Aceh-Sumut 2024, Fachrul Razi menjelaskan, untuk nomor estafet dan 8000 campuran, kedelapan peserta akan dilepas secara bergantian. 

 

Untuk penilaian dilakukan mulai jarak 2 kilometer menuju 4 kilometer. Kemudian 4 KM menuju 6 KM dan 6 KM menuju 8 KM. 

 

"Startnya mulai dari 1 KM. Hanya saja dari star 1 KM sampai 2 KM tidak ada penilaian. Sebab, para atlet masih semangat dan staminanya masih bugar," ungkapnya. 

 

Sedangkan item penilaiannya antara lain, aransemen musik harus kompak. Barisan tetap rapi. Termasuk jarak antara baris satu dengan lain.

 

"Yang paling penting mereka menempuh antar etape itu harus pas 20 menit. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Kalau lebih atau kurang kena pinalti atau pengurangan poin," jelasnya. 

 

Pemenang dalam setiap etape berdasarkan nilai tertinggi hasil hitungan beberapa item penilaian. Sedangkan untuk 8000meter campuran penilaian dilakukan dari start sampai finish. 

 

"Lombanya berbarengan dengan estafet dan 8000meter campuran. Makanya atlet yang ikut lomba ini 19 orang. Pemenang setiap etape akan mendapatkan medali emas,” ungkapnya.

 

Pelaksanaan hari terakhir nomor LKKB ini mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian yang dibantu petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Deli Serdang. 

 

Arus lalu lintas di Jalan Sultan Serdang terlihat lancar meski 1 ruas jalan ditutup untuk pelaksanaan lomba. (idc/hjr)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional