Jumat, 20 September 2024

Mudahkan Koordinasi Jemaah Haji Perempuan Kloter 28 Sematkan Bunga Mawar Merah

Diunggah pada : 5 Juni 2023 9:03:47 32
Jemaah Haji perempuan Kloter 28 kenakan mawar merah di atas kerudungnya.

Jatim Newsroom – Ada yang menarik dari kloter 28 yang masuk ke Asrama Haji Surabaya, bunga mawar sintetis bertengger di kepala para jemaah haji wanita, bunga mawar berwarna merah, kontras dengan kerudung berwarna hijau.  

Dari rilis Humas PPIH Embarkasi Surabaya Minggu (4/6/2023), salah satu Jemaah Haji perempuan Sumiyah, mengatakan mengapa ia dan temannya memakai bunga mawar sintetis ini.“Kami memakai bunga mawar juga slayer ini untuk memudahkan kami berkoordinasi dengan teman-teman," ungkapnya.

Ia juga tidak keberatan mengenakan bunga mawar tersebut.“Senang sekali. Terlihat sangat manis. Insya Allah akan dipakai terus sebagai tanda pengenal kami," tuturnya.

Saat ditelusuri, jemaah yang memakai bunga mawar berasal dari salah satu KBIHU di Lamongan.  Kyai Said yang memimpin rombongan dari Lamongan ini menuturkan, mengapa para jemaah wanita memakai mawar.“Kami dari KBIHU Mawar, dari pondok pesantren Matholi’ul Anwar yang disingkat dengan mawar,” tuturnya.

Ia kemudian menceritakan bahwa sebelumnya, jemaah wanita yang tergabung dalam KBIHU Mawar, memakai bordir lambang garuda di kerudungnya sebagai tanda pengenal. Namun karena pembuatannya yang lama, akhirnya diputuskan memakai mawar sintetis. Sedangkan untuk jemaah laki-laki memakai kopiah dengan lambang bendera merah putih.

Ia menegaskan bahwa pemakaian tanda pengenal ini untuk memudahkan koordinasi, pengawasan dan menjadi pembeda dengan Jemaah lainnya.“Membedakan jemaah kita dan yang lainnya. Dengan memakai identitas mawar, slayer, dan kopiah," pungkasnya. (pno/hjr)

#Musim Haji 2023