Jumat, 20 September 2024

Loncat Indah Jatim Siap Torehkan Prestasi di FAI 2023

Diunggah pada : 8 Juni 2023 17:51:18 104
Loncat Indah Jawa Timur saat Festival Akuatik Indonesia (FAI) 2022 Jakarta Foto : Herlambang

Jatim Newsroom- ‘Dari Jawa Timur untuk Indonesia menuju prestasi Dunia' slogan ini bukan sekadar kalimat biasa, ini sudah dibuktikan atlet Loncat Indah Jawa Timur yang mampu meraih prestasi satu medali perak dan satu medali perunggu di Sea Games ke-32 Kamboja, beberapa waktulalu, atas nama Gladies Lariesa Garina Haga.

“Kami selaku pembina dan pelatih atlet-atlet loncat indah, selalu siap melahirkan 'Gladies-Gladies' yang lain untuk bisa membangun prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional,” ucap Pelatih Concat Indah Jatim, Ronaldy Herbiantoro di Surabaya Kamis (8/6/2023).

Salah satu upaya yang akan dilakukan menurut Ronaldy adalah mengirimkan para atlet loncat indah ke Kejurnas Loncat Indah yg bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) di Jakarta 14 - 18 Juni 2023 mendatang. “Event ini berguna untuk memantau seberapa jauh prestasi atlet yang sudah dibangun melalui program latihan rutin dan intensif,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, event tahunan tersebut sekaligus ajang Babak Kualifikasi (BK) PON Aceh-Sumut 2024. Khususnya bagi para atlet senior yang tergabung dalam tim PUSLATDA Jatim 100/5. “Event ini menjadi ajang yang sangat menentukan untuk bisa mendapatkan 'tiket' melaju PON mendatang. FAI adalah kesempatan pertama untuk bisa lolos BK PON. Kesempatan kedua masih bisa diikuti atlet yang belum lolos BK dan akan diselenggarakan pada event kejuaraan di bulan September 2023,” tuturnya.

Menurutnya, bagi atlet junior, kesempatan ini akan sangat berguna untuk mengukur seberapa jauh hasil jerih payah berlatih selama ini dan bisa berkompetisi dengan kompetitor dari daerah lain, sebagai ajang melatih mental bertanding.

Pada FAI nanti, Tim Loncat Indah Jatim akan berkekuatan 18 atlet, 5 diantaranya adalah atlet PUSLATDA. Sedangkan yang akan mengikuti BK PON ada 6 atlet unggulan. 6 atlet ini akan disiapkan untuk bisa meraih prestasi tertinggi di PON dan mampu mempertahankan 5 medali emas, sebagaimana yang mampu diraih pada PON Papua 2021 yang lalu. Para atlet akan didampingi dua pelatih, yaitu Ronaldy Herbintoro dan Ahmad Subekti.

Keberangkatan tim didukung penuh oleh KONI Jawa Timur dan Pengprov. PRSI Jawa Timur. Target dari kejuaraan ini adalah yang utama meloloskan 6 atlet untuk bisa mendapatkan tiket PON 2024. “Target berikutnya adalah meraih 7 medali emas di kelas senior dan 3 medali emas di nomer-nomer tanding junior. Semoga semangat prestasi Gladies di Sea Games mampu memberikan motivasi kepada atlet-atlet yang lain untuk bisa mempersembahkan prestasi terbaiknya,” harapnya. (hjr)

 

#loncat indah Jatim #FAI 2023