Kamis, 19 September 2024

Lewat ‘FITCOM 2.0’ Universitas Dinamika Siapkan Generasi Ahli Cyber Security

Diunggah pada : 27 Agustus 2024 22:11:44 75
Foto: istimewa

Jatim Newsroom – Fakultas Teknologi dan Informatika (FTI) Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) menggelar final dari perlombaan Faculty of Informatics Technology Competition (FITCOM) 2.0 untuk para pelajar tingkat SMA/SMK tingkat nasional pada Selasa (27/08/2024).

FITCOM adalah sebuah ajang perlombaan information technology (IT) dengan tiga kategori, yaitu cyber security, website programming, dan line tracer. Sebelumnya, FITCOM pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023 di bulan November. Kali ini, FITCOM 2.0 kembali hadir dengan konsep acara yang lebih menarik.

Dekan FTI Universitas Dinamika, Anjik Sukmaaji,  menjelaskan, tujuan dari FITCOM adalah ingin menciptakan generasi muda yang ahli dalam bidang komputer, khususnya bidang keamanan siber (cyber security). “Highlight dari FITCOM 2.0 adalah cyber security yang identik dengan kemanan siber dan peretasan (hacking), mengingat pengamanan IT pada era saat ini sangat dibutuhkan,” ujar Anjik.

Menurutnya, isu cyber security sempat hangat diperbincangkan setelah adanya beberapa kasus yang mencuat di Indonesia, seperti kasus pembobolan server yang beberapa kali terjadi di instansi pemerintahan. Dengan lomba ini, diharapkan bisa mengembangkan potensi-potensi hacker muda di Indonesia yang bertalenta.

“Perkembangan tren hacker di Indonesia terbilang positif, sehingga kami ingin memunculkan dan mengembangkan potensi para hacker muda di Indonesia,” sambung Anjik.

Peserta FITCOM 2.0 terdiri dari 91 tim dari seluruh penjuru Indonesia, yang kemudian diseleksi kembali menjadi 63 tim yang berkesempatan untuk melaju ke babak final. Babak final FITCOM 2.0 akan berlangsung di Arena Prestasi lantai 9 Universitas Dinamika sekitar pukul 08.00 hingga selesai. Juri yang akan menilai peserta adalah para dosen FTI Universitas Dinamika

Para finalis yang hadir akan saling berkompetisi antar satu sama lain untuk memperebutkan total hadiah yang mencapai Rp 460.000.000 dan piala bergilir dari Kominfo Jawa Timur serta piala bergilir dari Ditreskrimsus Polda Jawa Timur. (red)

#undika