Jumat, 20 September 2024

Lestarikan Warisan Bangsa, Wakil KDJA II Hadiri Pembukaan Batik Fashion Fair Tahun 2023

Diunggah pada : 15 November 2023 22:10:28 76

Jatim Newsroom- Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Peni Yayan Sofiyan, diwakili oleh Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Waty Isswarto, menghadiri acara pembukaan Batik Fashion Fair (BFF) Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Dekranasda Provinsi Jawa Timur, bertempat di Exhibition Hall, Grand City Surabaya. Rabu (15/11/2023).

Acara Batik Fashion Fair Tahun 2023 dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Jatim Ibu Arumi Bachsin Emil Dardak, S.E., dengan mengangkat tema “Ajining Rogo Soko Busono” yang digelar mulai tanggal 15 s.d. 19 November 2023. Tema tersebut memiliki arti filosofis yakni seseorang dinilai dari penampilan atau busana yang ia pakai, sehingga dengan memperhatikan penampilan maka ia sama seperti menghargai pula hasil karya para perajinnya.

Pameran yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Dekranasda Provinsi Jatim, dan Asperapi Jatim ini menampilkan lebih dari 120 peserta yang mengusung berbagai produk, desain dan motif terkini baik tradisional, etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan pengrajin batik, bordir, tenun, songket, sulaman, kebaya, busana muslim, hijab, aksesoris, perhiasan, batu mulia, permata, mutiara, produk makanan dan minuman, kosmetik, dan kesehatan wanita.

Dalam acara Batik Fashion Fair tersebut, Jalasenastri Pengurus Pusat Badan Koordinasi (Bakor) Wilayah Surabaya yang terdiri dari Pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, Pengurus Gabungan Puspenerbal, Pengurus Daerah Armada II, Cabang Berdiri Sendiri AAL, dan Cabang Berdiri Sendiri STTAL yang menjual produk-produk baju batik, kain, serta aneka makanan  makanan khas karya ibu-ibu  Jalasenastri Badan Koordinasi Wilayah Surabaya.

Ketua Dekranasda Jatim melalui sambutannya berharap pameran ini dapat menjadi momentum bagi para pengrajin daerah untuk dapat lebih meningkatkan dan mengembangkan kreativitas, produktivitas, maupun jaringan pasar secara maksimal di pasar global sekaligus menempatkan batik sebagai warisan budaya bangsa yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan dengan baik di dalam negeri maupun mancanegara. (hjr)

#Koarmada II #Jalasenastri