Jumat, 20 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Lagi, Jatim Raih Dua Medali Panjat Tebing Nomor Speed WR Perorangan

Diunggah pada : 11 September 2024 23:09:56 58
ua atlet panjat tebing Jawa Timur yakni Moch. Rizky Samudra Dewantara dan Amanda Narda Mutia berhasil meraih medali di nomor speed WR perorangan. Foto: dok.KONI Jatim

Jatim Newsroom - Dua atlet panjat tebing Jawa Timur yakni Moch. Rizky Samudra Dewantara dan Amanda Narda Mutia berhasil meraih medali di nomor speed WR perorangan. Rizky, yang tampil di sektor putra, membawa pulang perak sedangkan Amanda harus puas dengan perunggu di sektor putri.

Capaian perak yang diperoleh Rizky sebenarnya cukup mengejutkan, sebab, saat babak kualifikasi dia hanya berada di posisi tujuh. Akan tetapi, saat babak perempat final Rizky ternyata tampil baik. Dia mengalahkan salah satu unggulan asal Jawa Barat, Raharjati Nursyamsa. Rizky mencatatkan waktu 4,96 detik, itu unggul hanya 0,03 detik dari Raharjati.

Rizky pun seolah tak percaya untuk pertama kalinya berhasil mencatatkan waktu kurang dari lima detik. “Nggak nyangka (bisa di bawah lima detik, Red), karena yang aku pikirkan hanya bagaimana caranya warna hijau (tanda menang, Red),” kata Rizky.

Selain Raharjati, Rizky juga mengalahkan salah satu unggulan lain yakni Rahmad Adi Mulyono di babak semifinal. Adi, atlet Indonesia di Olimpiade 2024, adalah kakak kandung dari Rizky. “Tadi main fair aja, saling kasih support kasih semangat,” kata Rizky soal laga melawan Adi. “Perebutan final juga dikasih semangat,” tuturnya.

Sayang, di babak final, Rizky harus mengakui keunggulan atlet Jawa Tengah sekaligus Pelatnas, Kiromal Katibin. Rizky hanya mencatatkan waktu 5,6 detik. Itu terpaut jauh dari Kiromal yang berhasil meraih emas dengan catatan 4,83 detik.

Meski begitu Rizky tetap merasa senang. Capaian perak jauh diatas ekspektasi. “Nggak nyangka karena persaingan ketat ada Veddriq (Leonardo), anak pelatnas keluar semua, sama abangku (Adi, Red) pelatnas juga,” kata Rizky.

Sementara itu di sektor speed WR perorangan putri Amanda memastikan perunggu setelah unggul atas atlet Jawa Tengah, Berthdigna Devi Surya Kusuma. Di perebutan tempat ketiga itu Amanda mencatatkan waktu 6,69 detik. Itu unggul 0,04 detik dari Devi.

Di satu sisi Amanda merasa senang dengan hasil itu. Tapi, di sisi lain dia sebenarnya merasa punya peluang besar untuk mencapai babak final. Sayang, saat menghadapi Rajiah Sallsabillah di babak semifinal dia sedikit kurang maksimal. “Karena tadi sebenarnya merasa bisa (lawan Rajiah, Red), cuma pas di tengah agak goyang jadi akhirnya kurang maksimal. Seharusnya bisa lebih baik lagi,” kata Amanda.

Rajiah, yang mengalahkan Amanda, akhirnya bablas meraih emas. Di babak final, atlet Indonesia saat Olimpiade Paris 2024 itu mengalahkan rekan sesama Pelatnas, Desak Made Rita Kusuma Dewi. Rajiah mencatatkan waktu 6,22 detik. Itu sekaligus jadi rekor PON baru.

Selain Rizky dan Amanda, Jatim sebenarnya berpeluang mendapat satu medali lagi di nomor speed WR perorangan. Tapi, Adi, yang tampil di perebutan tempat ketiga, harus mengakui keunggulan atlet Sumatera Utara, Rian Gordon Sitorus. Adi dinyatakan fall sedangkan Rian finis ketiga setelah mencatatkan waktu 4,96 detik.

Peringkat Speed WR Perorangan Putra :

Emas      : Kiromal Katibin (Jawa Tengah)

Perak      : Moch Rizky Samudra Dewantara (Jawa Timur)

Perunggu: Rian Gordon Sitorus (Sumatera Utara)


Peringkat Speed WR Perorangan Putri :

Emas: Rajiah Sallsabillah (Banten)

Perak: Desak Made Rita Kusuma Dewi (Bali)

Perunggu: Amanda Narda Mutia (Jawa Timur)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024