Jumat, 20 September 2024

Kolaborasi Gelar Festival Susu Desa Galengdowo Upaya Wujudkan Desa Mandiri dan Sejahtera

Diunggah pada : 1 Juli 2024 9:43:20 31

Jatim Newsroom - Pemerintah Desa Galengdowo Kabupaten Jombang, kolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Festival Susu bertema "Mengabdi pada negeri bersinergi tanpa pamrih".

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Jombang, Senin (1/7/2024), rombongan Pj Bupati Jombang Sugiat bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, para Kepala OPD  mengendarai Vespa disambut Camat, Forkopimcam Wonosalam juga Kepala Desa Galengdowo dan BEM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa.

Pj Bupati Jombang mengapresiasi kolaborasi dan inovasi program yang telah dilaksanakan antara Pemerintah Desa Galengdowo dan BEM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa. Menurutnya, kerja sama antara pemerintah, pihak perguruan tinggi, dan masyarakat ini adalah contoh sinergi yang sangat baik dan patut dicontoh. 

"Kolaborasi ini menunjukkan bahwa ketika berbagai elemen masyarakat bergandengan tangan, kita dapat mewujudkan tujuan bersama, yakni membangun desa yang lebih mandiri dan sejahtera", tandas Pj Bupati Sugiat. "Atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Jombang, saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa," tutur Pj Bupati Jombang.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak guna mendorong potensi Desa Galengdowo kepada masyarakat luas, terutama Dusun Pengajaran yang dikenal sebagai sentra budidaya sapi perah. 

"Promosi ini penting agar produk susu lokal dapat dikenal lebih luas dan memberi manfaat ekonomi yang signifikan bagi warga. Selain itu, bagi para mahasiswa, kegiatan ini merupakan kesempatan berharga untuk belajar dan berkontribusi langsung dalam pembangunan desa, menumbuhkan rasa empati, dan memperdalam pemahaman tentang dinamika sosial masyarakat", tutur Pj Bupati Jombang yang genap 9 bulan memimpin Jombang.

Kegiatan pengabdian ini telah diisi dengan berbagai kegiatan positif yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan masyarakat sekaligus mendorong ekonomi lokal. Mulai dari kegiatan jalan sehat, penanaman bibit bersama, hingga workshop tentang kewirausahaan dan kerajinan yang menambah wawasan masyarakat. Tidak ketinggalan, berbagai perlombaan dan promosi produk susu lokal Galengdowo. 

Pada Festival Susu ajang promosi potensi Desa Galengdowo juga disertai pembagian susu gratis bagi masyarakat, dan ditutup dengan acara panggung hiburan. "Pemerintah Kabupaten Jombang selalu siap mendukung program-program yang membawa manfaat bagi masyarakat luas. Teruslah berkontribusi, tingkatkan kreativitas, dan jadilah agen perubahan di masyarakat. Ingatlah bahwa kesuksesan kalian di masa depan turut bergantung pada seberapa besar dampak positif yang kalian berikan kepada lingkungan sekitar", pungkas Pj Bupati Sugiat.

Dalam sambutannya Pj Bupati Jombang Sugiat juga memberikan hadiah pantun. "Jalan sehat sambil bergembira. Bersama teman dan keluarga tercinta. Sinergi masyarakat, pemerintah, dan mahasiswa, Wujudkan desa Mandiri yang Sejahtera" disambut tepuk tangan seluruh yang hadir. (van/hjr)

#Jombang