Jumat, 20 September 2024

Kasal Resmikan Submarine Machinery Propulsion System Simulator

Diunggah pada : 19 Juli 2024 11:54:18 39

Jatim Newsroom -Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI, Muhammad Ali,  meresmikan Submarine Machinery Propulsion System Simulator (SMPS) Koopskasel Koarmada RI oleh di Kesatrian Koopskasel, Koarmada II, Ujung Surabaya, Jawa Timur. Jumat (19/7/2024).

Gedung Submarine Machinery Propulsion System Simulator (SMPS) merupakan tempat untuk menyelenggarakan latihan dan meningkatkan profesionalisme prajurit kapal selam dalam sistem pendorongan kapal selam saat berlayar di permukaan maupun saat kapal selam berlayar di bawah permukaan, guna terwujudnya prajurit TNI AL yang profesional dan tangguh dilatarbelakangi kemajuan teknologi modern.

Kasal melalui sambutannya menyampaikan, Simulator ini melatih pengawak untuk menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan secara realistis, seperti Prosedur Blackout, Power Recovery, serta Prosedur Emergency lainnya.

“Besar harapan saya, agar Simulator ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kepercayaan diri dan membina profesionalitas prajurit hiu kencana,” ungkap Kasal.

Gedung tersebut merupakan bagian dari simulator sebagai tempat untuk menyelenggarakan latihan, guna meningkatkan kemampuan prajurit kapal selam. Utamanya, dalam sistem pendorongan kapal saat berlayar di atas maupun di bawah permukaan.

Tujuannya, tentu untuk mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional dan tangguh dengan didukung oleh kemajuan teknologi modern ketika bertugas.

Dengan simulator ini, para pengawak kapal selam juga bisa mengasah keterampilan saat terjadi kondisi darurat. Contohnya ketika terjadi blackout.

"Jadi memang teknologi yang ada di simulator ini sama persis dengan yang ada di kapal. Permesinannya sudah menggunakan sistem digital, tidak lagi analog dan bisa merefleksikan seperti apa yang ada di laut," ujarnya.

Simulator SMPS ini  melengkapi beberapa simulator lain yang dimiliki Koopskasel sebelumnya. Seperti Submarine Control Simulator (SCS), Submarine Sonar Simulator (SSS), Submarine Command Team Trainer (SCTT) dan Submarine Fire Damage Control Trainer (SFDCT).

Dalam peresmian SMPS nampak hadir Pejabat Utama Mabesal, Pangkoarmada RI Laksdya TNI Dr. Denih Hendrata, Dankodiklatal Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, dan Pangkoarmada II Laksda TNI Ariantyo Condrowibowo. Gubernur AAL Laksda TNI Supardi, Komandan Komando Operasi Kapal Selam (Dankoopskasel) Koarmada RI Laksma TNI Indra Agus Wijaya beserta para Pimpinan Kotama TNI AL wilayah Surabaya. (hjr)

 

#Koarmada II #Kasal