Jumat, 20 September 2024

Jelang Hari Anak Nasional, DWP Jatim Gelar Berbagai Kegiatan

Diunggah pada : 17 Juli 2024 23:25:02 135
Jelang Hari Anak Nasional, DWP Jatim Gelar Berbagai Kegiatan, di Gedung Islamic Center Surabaya, Rabu (17/7/2024). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom - Menjelang Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Timur (DWP Jatim) menggelar berbagai kegiatan, yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Surabaya, Rabu (17/7/2024).

Dalam laporannya, Ketua Panitia sekaligus Ketua DWP Dinas Pendidikan Jatim, Mardiana Aries Agung Paewai menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka pelaksanaan program kerja DWP Jatim untuk memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2024 serta menyongsong Hari Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024.

"Hari ini merupakan hari yang sangat istimewa, karena Dharma Wanita Persatuan pertama kali melaksanakan kegiatan dengan berbagai kolaborasi dengan stakeholder," ujar Ketua DWP Dispendik Jatim yang biasa dipanggil Diana ini.

Ketua Panitia sekaligus Ketua DWP Dinas Pendidikan Jatim, Mardiana Aries Agung Paewai saat menyampaikan laporannya pada agenda kegiatan DWP Jatim menjelang Hari Anak, di Gedung Islamic Center Surabaya, Rabu (17/7/2024). Foto : Yanu / JNR

Adapun berbagai kegiatan yang diadakan dalam agenda ini, Diana menyebutkan terdapat lima macam kegiatan. "Pertama, Seminar Penguatan Pendidikan Karakter Anak, dengan peserta pelajar SMA/SMK dan anggota DWP instansi provinsi dan kabupaten/kota sebanyak 300 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter anak yang berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, dan memiliki nilai-nilai positif sehingga membentuk remaja yang kuat terhadap pengaruh negatif ," sebut Diana.

Kegiatan kedua، Diana mengatakan, adalah penandatanganan Komitmen Bersama Pencanangan Gerakan Tuntas Belajar di Provinsi Jawa Timur dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas Tahun 2024. Dikatakan Diana, gerakan ini bertujuan untuk menekan angka anak putus sekolah dengan menciptakan kebijakan dibidang pendidikan, antara lain memberikan bantuan pendidikan, pembinaan terhadap perkembangan karakter anak serta kecerdasan berliterasi anak.

"Sampai dengan hari ini, terdapat 795 anak yang telah dibantu. Anak-anak yang akan dibantu sebagai objek gerakan tuntas belajar merupakan anak-anak berkebutuhan khusus, putra-putri dari ojek online, tenaga honorer, cleaning service, dan fakir miskin di sekolah cabang dinas pendidikan se Jawa Timur. Penandatanganan ini dilakukan oleh seluruh ketua DWP unsur pelaksana se Jawa Timur yang berjumlah 37," ungkap Diana.

Kegiatan ketiga, Diana menuturkan, ialah Pelatihan Kewirausahaan DWP Preneur, dengan peserta 200 orang dari anggota DWP instansi provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur. "Kegiatan ini dilakukan di lantai 2 gedung Islamic Centre, Surabaya," tutur Diana.

Kegiatan keempat, Diana menyebutkan, diadakan lomba Mewarnai Anak PAUD, dengan diikuti total 281 anak dari Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Himpaudi, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), dan TK Islamic Centre.

Sedangkan kelima, Diana mengatakan, kegiatan Layanan Rumah Tumbuh Kembang Anak Pelangi Hati. "Salah satu tujuan dari rumah tumbuh kembang anak adalah mendeteksi sejak dini masalah perkembangan anak seperti gangguan bicara, gangguan belajar, atau gangguan neurologis lainnya," pungkasnya.

Diketahui, dalam rangkaian kegiatan ini juga turut dihadiri Pj. Sekdaprov Jatim, Bobby Soemiarsono, Penasehat DWP Jatim Isye Adhy Karyono, Ketua DWP Jatim Fitri Bobby Soemiarsono, dan para ketua DWP pada perangkat daerah lingkup Pemprov Jatim. (hau-vin/s)

#Hari Anak Nasional #DWP Jatim