Jumat, 20 September 2024

Jatim Raih Emas Renang Perairan Terbuka 10 km Kelompok Putri

Diunggah pada : 10 September 2024 21:19:28 92
Caborvrenang perairan terbuka nomor 10.000 meter. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Atlet dari Jawa Timur, Adinda Larasati Dewi Kirana merebut medali emas untuk kelompok putri dalam lomba renang perairan terbuka nomor 10.000 meter kelompok putra, di perairan Danau Toba, Selasa (10/9/2024). Sedangkan atlet dari Jawa Barat, Aflah Fadlan Prawira berhasil meraih medali emas di kelompok putra.



Mengutip laman https://ponxxi.sumutprov.go.id/, para atlet sebanyak 14 peserta dengan piawai menunjukkan kebolehan dan ketangguhannya di Permukaan air Danau Toba yang berada di atas 1000 mdpl ini.



Di kelompok putri, atlet Jawa Timur Adinda Larasati Dewi Kirana memastikan medali di tangannya dengan waktu tempuh 2 jam 19 menit 31 detik , disusul Virgin Silvia Nathan dari Jawa Barat dengan waktu 2 jam 28 menit 16 detik meraih perak, dan Dwiyaning Aprillia Putri dari Bali meraih perunggu dengan waktu 2 jam 28 menit 39 detik.



Sementara itu di kelompok putra, Aflah Fadlan Prawira, mampu menorehkan waktu tercepat, 2 jam 11 menit, 51 detik sekaligus mempersembahkan medali emas untuk kontingen Jawa Barat. Medali perak direbut Alexander Adrian dari Sulawesi Tengah dengan waktu 2 jam 15 menit 56 detik meraih medali perak, dan medali perunggu menjadi milik atlet Jawa Timur, M Dimas Permana Taufik dengan waktu 2 jam 16 menit 16 detik.



Aflah Fadlan Prawira yang masih berumur 26 tahun ini mengaku sudah ketiga kali mengikuti PON dan meraih medali, sudah melalang buana ikut lomba renang dalam dan luar negeri ini.



"Alhamdulillah, telah memberikan yang terbaik dan ini kali ketiga saya ikut PON di nomor yang sama. Sangat senang dan bersyukur semoga menjadi pembuka dan penyemangat bagi tim, ini kali ketiga menyumbangkan medali dari lomba PON," ujar Fadlan.



Sedangkan peraih medali emas dari Jawa Timur Adinda Larasati Dewi Kirana mengatakan sangat senang atas kemenangannya dan baru pertama kali ke Danau Toba dengan mengikuti PON cabang lomba perairan terbuka dan kali kedua dapat emas sejak PON XX Papua.



"Sejak saya umur 4 tahun sudah ikut sebagai atlet renang dari Jawa Timur dan telah menyumbangkan emas pada PON Papua tahun 2021 lalu," ujar gadis yang berumur 24 tahun ini. (idc/hjr)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional