Jumat, 20 September 2024

Jatim Bawa Emas Catur Cepat Beregu Putra PON XXI/2024

Diunggah pada : 15 September 2024 21:58:33 225
Cabor Catur. Sumber Foto: KONI Jatim

Jatim Newsroom - Tim catur Jawa Timur (Jatim) membawa medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, yakni di nomor catur cepat beregu putra.

 

Mengutip laman KONI Jatim, Minggu (15/9/2024), catur cepat beregu putra memainkan 9 babak. Lima pecatur Jatim tampil taktis. Kelimanya adalah Mohamad Ervan, M. Agus Kurniawan, Catur Adi Sagita, Dziththauly Ramadhan dan Nayaka Budhidharma. Tim Jatim sukses mengungguli pecatur Jakarta dan Kalteng sehingga berhak atas medali emas. Adapun medali perak direbut Jakarta dan perunggu dimiliki Kalimantan Tengah.

 

Sementara nomor catur cepat beregu putri, Jatim gagal mencegah langkah wakil Jakarta dan Jabar. Tim catur cepat beregu putri Jatim diperkuat Nadya Anggraini Mukmin, Aay Aisyah Anisa, Retno Wijayanti, Salwa Nadia Maharani dan Nurul Afni Hanifah. Mereka membawa pulang medali perunggu. Medali emas menjadi milik Jakarta dan medali perak direbut tim Jabar.

 

Pelatih catur Jatim Heri Darmanto mengaku bangga dengan prestasi yang ditorehkan anak asuhnya. “Saya bangga karena semua atlet catur yang bertanding di PON XXI 2024 Aceh-Sumut adalah asli putra daerah Jatim. Ini yang membuat saya bangga,” ucapnya usai pertandingan di Berastagi, Sumatra Utara.

 

Heri Darmanto menjelaskan, para pecatur Jatim rata-rata masih berusia muda. Termasuk Dziththauly Ramadhan yang masih belia. “Hampir separuh anggota tim PON Jatim adalah pemain muda. Tapi sudah mampu bersaing dengan pecatur senior yang sudah bergelar Master Nasional (MN) Master Internasional(MI) bahkan Grand Master(GM),” ucap Hedar, sapaan akrab Heri Darmanto.

 

Hedar berharap capain 1 medali dan 1 medali perunggu bisa memacu meraih medali di nomor lainnya. (idc/hjr)

#PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional