Jumat, 20 September 2024

IMD Indonesia Punya Peran Penting dalam Mendorong Akselerasi Transformasi Digital

Diunggah pada : 20 Desember 2022 16:29:07 91
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat membuka acara peluncuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia di Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Jatim Newsroom - Indeks Masyarakat Digital (IMD) Indonesia berperan penting dalam mendorong akselerasi tranformasi digital Indonesia, khususnya dalam pilar Masyarakat Digital.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate saat membuka acara peluncuran Indeks Masyarakat Digital Indonesia di Jakarta,  Selasa (20/12/2022).

IMD merupakan suatu indeks yang dapat mengukur tingkat kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penggunaan teknologi digital pada kehidupan sehari-hari maupun pekerjaannya yang bertujuan memberikan gambaran kondisi existing masyarakat digital Indonesia.

"IMD selain bisa digunakan sebagai alat mengukur dalam memantau perkembangan masyarakat digital Indonesia juga bisa berperan sebagai indeks untuk menetapkan fokus target berdasarkan indikator-indikator di setiap pilar masyarakat digital. Bisa  sebagai pendorong koordinasi antar pemangku kepentingan dan bisa sebagai data acuan bagi Kabupaten/Kota maupun provinsi di Indonesia untuk merencanakan dan menetapkan program prioritas pembangunan SDM di wilayah masing-masing," jelas Johnny G Plate.

Dia menerangkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, telah melaksanakan pengukuran IMD Indonesia pertama kali tahun 2022.

"Hasil IMD Indonesia mencapai skor 27,8 dari skala 1-100, sebagai representasi agregat dari seluruh pengumpulan data primer dan sekunder pada 514 kota/kabupaten di Indonesia," imbuhnya

Lebih lanjut Johnny G Plate menjelaskan  Pilar Transformasi Digital Indonesia ada 4, yakni Masyarakat Digital, Infrastruktur Digital, Pemerintahan Digital dan Ekonomi Digital.

"Sedangkan 4 pilar Indeks Masyarakat Digital Indonesia adalah infrastruktur dan ekosistem, keterampilan digital, pemberdayaan dan pekerjaan," pungkasnya. (non)

#kemenkominfo #Indeks Masyarakat Digital