Jumat, 20 September 2024

Iduladha 1444 H, Wali Kota Mojokerto Serahkan 18 Hewan Kurban

Diunggah pada : 30 Juni 2023 11:03:11 40
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari selaku Dewan Penasehat KORPRI Kota Mojokerto menyerahkan hewan kurban sapi di RPH Sekar Putih. Sumber foto : Diskominfo Kota Mojokerto

Jatim Newsroom  – Iduladha 1444 H/2023 M Wali Kota Mojokerto. Ika Puspitasari yang juga selaku Dewan Penasehat KORPRI Kota Mojokerto secara simbolis menyerahkan sejumlah 18 hewan kurban yang terdiri dari sembilan ekor sapi dan sembilan ekor kambing ke Rumah Potong Hewan (RPH) Sekar Putih, Kota Mojokerto, Kamis (29/5/2023).

Ke 18 hewan kurban tersebut berasal dari pengumpulan uang dan hewan kurban dari  penasehat, pengurus, Sekda, asisten, Kepala OPD dan anggota KORPRI unit/sub unit/kecamatan/ dan kelurahan se-Kota Mojokerto. Selanjutnya, hewan kurban tersebut akan disalurkan kepada para dhuafa', tenaga Non ASN, fakir miskin, sabilillah yang berhak menerima di wilayah Kota Mojokerto.

"Pelaksanaan penyembelihan memang kita menyarankan untuk dilakukan di RPH supaya standar untuk keamanan dalam penyembelihan ini bisa kita jaga," kata Wali Kota Mojokerto yang  akrab disapa Ning Ita tersebut. 

Lebih lanjut, Ning Ita menerangkan, hal tersebut dilakukan mengingat apabila terdapat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) maupun Lumpy Skin Disease (LSD) pada hewan kurban yang masih terjadi di beberapa daerah. 

"Jadi dalam rangka mengantisipasi hal tersebut kita sarankan untuk hewan-hewan kurban ini bisa disembelih di RPH yang ada di Sekar Putih," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Iduladha 1444 H /2023 M KORPRI Kota Mojokerto Abdul Rahman menjelaskan, satu ekor hewan kurban sapi atas nama Wali Kota Mojokerto akan disalurkan secara hidup ke yayasan di Mojokerto. 

Untuk delapan hewan kurban sapi lainnya yang berasal dari iuran Sekda, asisten, Kepala OPD dan OPD akan disembelih, dan dagingnya diberikan ke tenaga Non ASN se Kota Mojokerto sebanyak 1.600 orang.

Lalu, untuk sembilan ekor hewan kurban kambing hidup atas nama Kepala OPD dan OPD akan disalurkan kepada lembaga/ sekolah/ masjid/ musholla di Kota Mojokerto.

"Perlu kami sampaikan bahwa sapi qurban selain ada di tempat ini (RPH) juga berada di belakang Kantor Pembantaian Kota Mojokerto dalam proses penyembelihan," jelas Abdul Rahman. (vin/s) 

#Kota Mojokerto #Iduladha #Wali Kota Mojokerto #hewan kurban