Kamis, 19 September 2024

PON XXI ACEH-SUMUT 2024

Haruna Soemitro dan Andik Vermansah Optimis Sepak Bola Jatim Lolos Final

Diunggah pada : 16 September 2024 16:26:34 314
Tim sepak bola putra Jawa Timur pada PON XXI 2024. Foto Wahyu JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Tim sepak bola putra Jawa Timur akan menghadapi tuan rumah Aceh dalam babak semifinal cabang olahraga sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut, Senin (16/9/2024) malam ini.

Semi final ini dilalui tim Jatim setelah melewati perempat final dengan kemenangan tipis 1-0 melawan Nusa Tenggara Timur melalui gol tunggal Wigi Pratama. Selanjutnya, tim asuhan Fakhri Husaini siap berjuang untuk melangkah lebih jauh.

Haruna Soemitro, tokoh sepak bola yang dikenal berperan penting dalam perkembangan olahraga ini di Jawa Timur, berharap tim Jatim tak hanya berhenti di babak semifinal.

"Sejauh ini penampilan tim Jawa Timur sudah bagus. Mestinya tidak hanya sampai semifinal, tapi juara medali emas dan juara umum," ucap Haruna Soemitro.

Ia yang pernah membawa Jatim meraih medali emas saat PON 2004 saat menjadi manajer tim dan 2008 sebagai Ketua Asprov Jatim. Untuk itu ia menilai potensi besar ada dalam tim yang saat ini yang bergabung. Untuk itu ia pun optimistis bahwa tim bisa kembali berjaya seperti dulu.

Jatim sendiri memang selalu menjadikan sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga unggulan di PON. Namun, pada PON XX 2021 lalu, mereka hanya berhasil membawa pulang medali perunggu. Tahun ini, diharapkan harap bisa menebus kegagalan tersebut.

Empat tim kini telah memastikan tempat di babak semifinal sepak bola PON XXI 2024, yakni Jawa Timur yang akan bertemu Aceh, dan Kalimantan Selatan yang akan melawan Jawa Barat. Pertandingan semifinal akan digelar di Stadion Harapan Bangsa Aceh, Senin (16/9/2024).

Sementara itu, Andik Vermansah, salah satu pemain sepak bola asal Jatim yang saat ini bermain untuk klub Liga 2 Persiraja Banda Aceh, turut memberikan dukungan. Meskipun kini membela klub asal Aceh, ia tetap mendukung penuh tanah kelahirannya.

"Tim sepak bola Jatim saya rasa bisa sampai final. Meskipun saat ini saya ikut Persiraja Banda Aceh, saya tetap mendoakan yang terbaik untuk Jatim" ujar pemain asal Jember itu.

Ia juga berharap agar sepak bola Jatim dapat kembali bangkit dan meraih kemenangan di PON XXI 2024 Aceh-Sumut ini. Seperti yang diraih ketika memenangkan PON 2008 di Kalimantan Timur. "Semoga Jatim bisa juara, seperti saat saya memenangkan PON 2008 di Kaltim," harapnya.

Meskipun mendukung Jatim, Andik tak menutup mata terhadap kekuatan tim tuan rumah. Ia menyadari bahwa laga semifinal yang mempertemukan Jatim vs Aceh ini akan berlangsung sengit.

"Jika nantinya final bertemu tim tuan rumah, persaingan bakal sengit, karena saya lihat para pemain PON Aceh juga bagus-bagus, dari lini belakang sampai depan punya fighting spirit yang tinggi, pressure juga ok, pokoknya kompaknya itu sangat bagus sekali," pungkasnya.(red)

#PON XXI 2024 #PON ACEH-SUMUT 2024