Jumat, 20 September 2024

Hari Kedua Tim EPPD di Jatim, Kunjungi Pelayanan Publik, Pendidikan, dan UMKM

Diunggah pada : 14 November 2023 21:17:08 44
Hari Kedua Kunjungan Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) di Sidoarjo, Selasa (14/11/2023). Foto: Aldick/JNR

Jatim Newsroom – Tim Nasional Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) kembali melakukan peninjauan langsung penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Dalam dua hari, 13-14 November 2023, kunjungan dilakukan di beberapa titik pelayanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Di hari kedua, Selasa (14/11/2023) ini, Tim EPPD fokus mengunjungi tiga titik lokasi di Sidoarjo. Pertama, kunjungan lapangan aspek pelayanan publik ke Samsat Sidoarjo yang diterima oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemiarsono. 

Kedua, kunjungan lapangan aspek pendidikan ke SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang diterima oleh Kepala SMKN 2 Buduran Sidoarjo, Mariya Ernawati. Ketiga, kunjungan lapangan aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat ke Galeri UMKM Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM Jatim) yang diterima oleh Kepala Diskop UKM Jatim, Andromeda Qomariah. 

Sebelumnya di hari pertama, Tim EPPD telah beraudiensi dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Kemudian kunjungan lapangan aspek kesehatan ke RSUD dr. Soetomo dan kunjungan lapangan aspek perlindungan perempuan dan anak ke UPT Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. 

Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Dalam Negeri RI, Suhendro, menyampaikan tujuan kedatangannya ke Jawa Timur beserta rombongan lebih kurang 10 orang adalah untuk memastikan bahwa penghargaan yang akan diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sesuai dengan yang ada di lapangan. 

“Jadi tidak hanya sebatas kami mendapat laporan, tapi juga harus bisa membuktikan bahwa itu sesuai dengan yang ada di lapangan. Itu tujuan kami ke sini, untuk memverifikasi, memvalidasi langsung kepada masyarakat yang mendapatkan pelayanan, bukan hanya ke Pemerintah Daerah,” ujar pria yang juga menjabat Subkoordinator pada Seksi Wilayah II Subdirektorat Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kememnterian Dalam Negeri RI ini. (idc/s)

#sidoarjo #EPPD #pemerintahan daerah #Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.