Jumat, 20 September 2024

Emansipasi, Mantan Atlet Tinju Wanita Jadi Wasit Hakim di Porprov Jatim VIII/2023

Diunggah pada : 12 September 2023 11:58:03 205
Nisaul Mu’minah, mantan atlet petinju wanita yang menjadi wasit hakim cabor tinju dalam Porprov Jatim VIII/2023. Foto: Ridho/JNR

Jatim Newsroom – Ada yang menarik dari gelaran pertandingan cabang olahraga (cabor) Tinju di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VIII/2023. Salah satunya dengan adanya mantan atlet petinju wanita yang menjadi wasit hakim.

Namanya Nisaul Mu’minah. Wanita asal Bengkulu ini dipercaya sebagai salah satu wasit hakim cabor tinju Porprov Jatim VIII/2023 yang berlangsung di Auditorium Universitas Darul Ulum Jombang.

Sebelum menjadi wasit hakim, Nisaul Mu’minah pernah menjadi atlet lebih kurang lima tahun, berkarir di Riau sebagai petinju. Setelah gantung sarung, wanita yang bercita-cita menjadi wasit hakim ini ingin menegakkan keadilan dan menjadi wasit hakim terbaik buat para petinju di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

Ia menceritakan, karir wasit hakim dimulai dari tahun 2010 tingkat daerah. “Kemudian saya mengambil hakim nasional di tahun 2011. Sempat vakum beberapa tahun. Kemudian tahun 2015 saya mengambil wasit nasional pada Popnas Bandung, kebetulan saya dididik langsung oleh Pak Agung dari nol sejak di nasional. Kemudian di 2018, bersama rekan saya Kak Sukma dan beberapa teman dari seluruh indonesia kami mengambil one star dari IBA yaitu International Boxing Association,” terangnya.

Ia pun pernah jadi wasit hakim kejuaran open tournament yang dihadiri 11 negara. ”Saya perwakilan dari Indonesia, di Nanjing China,” imbuhnya.

Wanita yang akrab disapa Nisa ini berharap dengan keberadaannya sebagai wasit hakim di Porprov Jatim VIII/2023 ini bisa memotivasi para petinju untuk terus berkarya ketika nanti karir atlet sudah berakhir. “Ketika kita sudah tidak bisa berprestasi di jalur atlet, kita bisa loh berprestasi sebagai wasit atau sebagai pelatih nantinya," ujarnya.

Terkhusus untuk tinju wanita, Ia menggarisbawahi soal emansipasi wanita. Wanita menurutnya juga bisa memiliki kualitas yang sepadan, termasuk dalam cabor Tinju ini."Sebenarnya emansipasi wanita sudah lama digaung-gaungkan. Tetapi kita coba lagi sampaikan di sini bahwa kita nyata loh ada. Indonesia punya wasit hakim wanita yang juga tidak jauh ketinggalan kualitasnya dibanding luar," tegas Nisa. (rbi/idc/hjr)

#PORPROV Jatim #Porprov Jatim VIII/2023 #tinju