Jumat, 20 September 2024

Dua Kloter Jemaah Haji Provinsi Bali Tiba di Debarkasi Surabaya

Diunggah pada : 12 Juli 2024 20:24:10 94
Dua kloter jemaah haji Provinsi Bali tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Jumat (12/7/2024). Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Jatim Newsroom - Memasuki hari ke-21 fase pemulangan jemaah haji, Asrama Haji Debarkasi Surabaya hari ini, Jumat (12/7/2024) menerima kedatangan dua Kelompok Terbang (Kloter) dari Provinsi Bali, yakni kloter 71 dan 72. 

Kedatangan kloter tersebut, disambut Plt. Kakanwil Kementerian Agama Jawa Timur dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Timur. Sedangkan dari Provinsi Bali, turut hadir menyambut secara langsung para jemaah, yakni Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Bali beserta jajaran serta para perwakilan dari Kemenag kabupaten/kota setempat.

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi, mengungkapkan rasa syukur dan turut berbahagia atas kedatangan kloter dari Bali ini. 

“Alhamdulillah, saya lihat Bapak/Ibu kondisinya sehat. Semoga tetap sehat sampai tiba di Bali” tutur Mufi.

Kepada pada jemaah, Mufi berpesan agar senantiasa istiqomah menjaga kemabruran haji, dan supaya, kebiasaan-kebiasaan baik selama di tanah suci tetap dilanjutkan meskipun sudah di tanah air. "Misalnya selama di tanah suci Bapak/Ibu sebelum azan sudah hadir di masjid, ketika sudah di rumah, semoga kebiasaan baik tersebut tetap dijaga,” pesan Mufi.

Mufi yang diketahui juga menjabat sebagai Ketua PPIH Debarkasi Surabaya ini mengingatkan, supaya jemaah tidak lupa istirahat dan makan bergizi agar kondisi kesehatan jemaah tetap terjaga dengan baik. 

“Bapak/Ibu baru pulang dari perjalanan jauh, ke Bali pun juga waktu perjalanannya lama, tiba di rumah nanti tamu-tamu banyak berdatangan. Mohon jangan menrima tamu sampai larut malam apalagi sampai dini hari,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Bali, Arjimin, mengucapkan terima kasih kepada semua jemaah karena telah mengikuti semua rangkaian rukun haji dengan baik seperti yang sudah diarahkan pembimbing. 

"Terima kasih kepada petugas kloter karena telah membimbing dan melayani jemaah selama di tanah suci. Insya Allah Bapak/Ibu menjadi haji yang mabrur,” tuturnya.

Dua kloter jemaah haji Provinsi Bali tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Jumat (12/7/2024). Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Arjimin berpesan agar para jemaah tetap mempertahankan kemabruran sehingga menjadi teladan bagi keluarga, tetangga, dan teman-teman.

Pada kedatangan ini, ada 367 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 71 tiba di tanah air. Jemaah kloter ini berasal dari Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Gianyar. Selama di tanah suci, ada dua jemaah haji kloter 71 yang wafat.  

Selain itu, ada dua jemaah haji dari kloter 71 kembali ke tanah air bersama penerbangan kloter 72 karena dokumennya sempat tercecer. Oleh karenanya, dua jemaah ini tidak dapat terbang dengan kloter aslinya, kloter 71 dan diikutkan penerbangan selanjutnya yaitu kloter 72. 

Selain kloter 71, jemaah haji Bali juga tergabung pada kloter 72 yang berasal dari Kabupaten Badung, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Tabanan, Kota Denpasar, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Klungkung, dan Kabupaten Bangli serta 15 jemaah haji asal Jawa Timur. Total jemaah haji kloter 72 adalah 370 orang.

Setelah proses di asrama haji selesai, para jemaah haji Bali langsung kembali ke kabupaten masing-masing dengan menaiki bis yang telah disiapkan pemerintah kabupatennya. 

Hingga saat ini Asrama Haji Debarkasi Surabaya telah menerima kedatangan 72 kloter dengan total 26.656 jemaah atau sudah mencapai 68%. (vin/hjr)

 

 

 

#jemaah haji #bali #Berita Haji 2024 #PPIH Debarkasi Surabaya #Haji.