Jumat, 20 September 2024

Dosen - Mahasiswa IT Telkom Surabaya Ciptakan Aplikasi Data Asatidz - Santri

Diunggah pada : 7 September 2023 10:52:29 42
Tim IT Telkom Surabaya saat berada di TPQ Al Mubaarok, Jl. Ngagel Tirto Surabaya.

Jatim Newsroom - Civitas Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya terdiri dosen dan mahasiswa menciptakan aplikasi data bagi pengajar (asatidz) dan santri yang bermanfaat bagi pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ) dan lembaga sejenisnya.Dalam rangka program pengabdian masyarakat, tim yang beranggotakan dosen dan mahasiswa IT Telkom Surabaya melakukan kunjungan ke TPQ Al Mubaarok di Jl. Ngagel Tirto II-B12 Surabaya.

Tim ini memiliki kemampuan teknis, kreativitas dan semangat inovatif, dipimpin oleh tiga dosen pilar IT Telkom Surabaya, yaitu Ahmad Wali Satria Bahari Johan, Alqis Rausanfita dan Vessa Rizky Oktavia. Tim berkolaborasi berkreasi untuk memberikan solusi teknologi yang nyata dan berdampak bagi masyarakat. 

Dalam rilisnya Kamis (7/9/2023), Penanggung Jawab Tim, Ahmad Wali Satria Bahari Johan memaparkan, melalui kerjasama yang erat dengan mahasiswa, tim ini berhasil mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah pengelolaan data santri dan asatidz di TPQ Al-Mubaarok.

"Aplikasi ini memungkinkan TPQ Al-Mubaarok untuk menyimpan, mengelola, dan memperbarui data santri, termasuk biodata, riwayat pembayaran biaya masuk, SPP, dan informasi mengenai seragam. Hal ini akan sangat membantu dalam memonitor perkembangan santri secara lebih efisien," terangnya.

Dijelaskan aplikasi tersebut juga memungkinkan pengelolaan data asatidz dengan lebih baik. Fitur ini mencakup pencatatan presensi harian per sesi dan pengelolaan informasi gaji asatidz, sehingga TPQ Al-Mubaarok dapat lebih teratur dalam mengelola aspek kehadiran dan kompensasi para asatidz. Untuk penggunaan aplikasi ini, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi, sehingga solusi digital administrasi ini dapat membawa kemajuan bagi TPQ.

"Keberhasilan proyek ini tidak hanya menunjukkan kemampuan teknis tim, tetapi juga semangat dan komitmen IT Telkom Surabaya dalam menjembatani dunia akademik dengan dunia nyata melalui inovasi teknologi. Mudah-mudahan aplikasi tersebut akan menjadi tonggak penting dalam membantu pengelolaan TPQ Al-Mubaarok dan menjadi inspirasi bagi upaya-upaya serupa di masa depan," pungkasnya. (pno/hjr)

#pengabdian masyarakat #Tim IT Telkom Surabaya