Jumat, 20 September 2024

Diskominfo Kabupaten Mojokerto Adakan Workshop Peningkatan Kapasitas Literasi Digital ASN

Diunggah pada : 27 Oktober 2022 11:21:48 37
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto, menyampaikan, kehadiran internet saat ini telah mendisrupsi semua hal. 

"Kehadiran internet telah mendistrubsi banyak hal, bagaimana transaksi ekonomi sekarang berubah, pengelolaan pariwisata juga berubah, yang tak kalah penting adalah berinteraksi sosial juga berubah," katanya. 

Hal tersebut disampaikan dalam Workshop Peningkatan Kapasitas Literasi Digital Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto. Agenda Diskominfo Kabupaten Mojokerto yang berlangsung di Trawas, Rabu (26/10/2022) ini secara langsung dibuka oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati. 

Ardi menambahkan, dalam melakukan interaksi di dunia maya memiliki berbagai aturan. Siapapun yang melanggar aturan tersebut bisa dijerat aturan perundang-undangan yang telah ada dalam Undang-undang ITE. 

"Dalam berinteraksi di dunia maya juga ada aturan yang harus kita taati dan kita pahami bersama agar kita tidak kena sanksi sebagaimana diatur dalam Undang-undang ITE," tuturnya. 

Dengan diadakannya Workshop ini, Ardi berharap para ASN di Kabupaten Mojokerto memiliki empat kompetensi dalam berselancar di dunia digital. 

"Oleh karena itu bimtek ini kami lakukan agar kita mempunyai digital skill. Pertama bagaimana kita bisa mengoperasikan alat-alat digital, kedua tentunya adalah digital culture, karena kita dalam berinteraksi di dunia digital ini tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang tau apa yang kita upload, tapi seluruh dunia akan tau. Bagaimana kita menunjukkan bahwa kita adalah bangsa Indonesia yang berlandaskan pancasila," tandasnya. 

Digital skill ketiga, lanjut Ardi, yakni digital ethics, dan keempat adalah digital safety. "Di dunia maya juga ada etika yang harus kita pahami bersama. Keempat adalah digital safety, nantinya peserta akan diberi pemahaman bagaimana kita mengamankan identitas kita dan mengamankan informasi rahasia di dunia digital," imbuhnya. 

Ardi berharap, peserta Workshop Peningkatan Kapasitas Literasi Digital ini bisa menularkan ilmu yang sudah didapat kepada ASN yang lain. "Sehingga ASN di Kabupaten Mojokerto akan semakin cakap digital," pungkasnya. (idc/n)

#Bupati Mojokerto #literasi digital