Sabtu, 18 Mei 2024

Diskominfo Jatim Terima Audiensi dari LDII Jatim

Diunggah pada : 29 April 2024 16:09:11 26
Foto : Audiensi DPW LDII Provinsi Jawa Timur, Senin (29/4/2024), di Ruang Panderman, Kantor Diskominfo Jatim. Rafly - JNR

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) menerima audiensi dari Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Timur di Ruang Panderman, Kantor Diskominfo Jatim, Senin (29/4/2024). Audiensi ini digelar dalam rangka menyampaikan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LDII dan program kerja (Proker) LDII Tahun 2023. 

Biro Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) LDII Jatim, Ludhy Cahyana, menyampaikan, saat ini warga LDII, khususnya kalangan milenial, membutuhkan bimbingan mengenai pengaruh media sosial dalam penyebaran informasi. 

“Pada bulan Juni kami berencana untuk membuat pelatihan literasi digital, bernama ‘Internet Sehat’. Sejak 2008, LDII sudah bekerja sama dengan Diskominfo, dan harus ditindaklanjuti setiap provinsi. Jawa Timur dapat menjadi yang pertama dalam memfokuskan perihal media sosial,” ucap Ludhy. 

Dalam kegiatan “Internet Sehat” tersebut, LDII Prov. Jatim berencana mengundang  38 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LDII kabupaten/kota se-Jawa Timur yang berkewajiban sebagai penghubung antar generasi muda di wilayah masing-masing. 

Ludhy menyebutkan, 99% warga LDII menggunakan media sosial. Sehingga, melalui akun media sosial resminya, LDII berniat untuk mengingatkan warganya agar berhati-hati dalam bermedia sosial. Ia mengatakan, dalam penyebaran informasi di media sosial harus memerhatikan dua hal, yakni kebenaran dan manfaat. Sebuah informasi yang benar bisa jadi menimbulkan kegaduhan apabila tidak mengandung manfaat. 

Dengan diadakannya audiensi ini, Ludhy berharap kepada Diskominfo Jatim untuk memfasilitasi LDII terkait materi pelatihan literasi digital. “Harapannya, kami mendapatkan dukungan berupa materi seperti flyer untuk kampanye, dan juga pemateri.  Materi yang difokuskan adalah pengecekan fakta. Karena, kami sering menjumpai penyebaran link-link hoax di grup WhatsApp,” tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jatim, Putut Dharmawan mengatakan akan membantu dan memberikan dukungan kepada LDII Prov. Jatim dalam pelaksanaan literasi digital di bulan Juni. 

“Kita menerima dengan baik atas pengajuan pelatihan literasi digital di bulan Juni mendatang. Program bersama LDII kami anggap sebagai program tambahan bagi Diskominfo Jatim,” tukas Putut. (zky-mrt-yan/s)

 

#Diskominfo Jatim