Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan Bank Jatim terkait kerjasama publikasi, di Ruang Argopuro Kantor Dinas Kominfo Jatim, Senin (22/8/2022).
Kepala Dinas Kominfo, Hudiyono, menyambut baik kerjasama publikasi ini dan menyampaikan bahwa kerjasama strategis ini bisa segera terwujud, Jawa Timur harus juga unggul dalam hal publikasi.
“Ada 11 videotron dengan ukuran 4 x 8 di luar Jawa Timur untuk mendukung publikasi Jawa Timur, di antaranya di Bandung Barat, Garut, Lembang, Bogor, hingga Tasikmalaya, “ujar Hudiyono yang didampingi Sekretaris Diskominfo, Edi Supaji.
Divisi Dana Jasa Bank Jatim, Besta, menyampaikan, bahwa kerjasama publikasi ini akan segera ditindaklanjuti dan diharapkan saling mendukung serta saling menguntungkan.
Kerjasama publikasi ini dilakukan mengingat tugas dari Diskominfo adalah berkewajiban membantu Gubernur dan wakil Gubernur dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di bidang komunikasi dan informatika terutama dalam hal publikasi, guna terwujudnya masyarakat yang well informed, demokratis, maju dan berbudaya.
Penyebaran informasi Diskominfo Jawa Timur dilakukan melalui beberapa sarana publikasi. Antara lain melalui mass media, yaitu TV, surat kabar, online, dan radio. Sedangkan media sosial melalui Facebook, Instagram, Twitter dan YouTube. Untuk media luar ruang, melalui videotron, baliho dan juga spanduk. Sementara publikasi melalui media cetak di Majalah Potensi. Sedangkan untuk publikasi melalui event diaplikasikan pada rapat akbar, pameran dan juga sharing. Serta publikasi media melalui jaringan melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan juga influencer.
Diskominfo melakukan kerjasama publikasi informasi dengan Antara Digital Media, baik melalui media indoor ataupun outdoor. Salah satunya Digital Out Of Home (DOOH) Informasi Publik bersama Antara Digital mengunakan publikasi TV Robot yang ditempatkan di lokasi yang strategis. Antara lain di beberapa kantor Kementerian RI, stasiun di Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, bandara-bandara dan di RSUD.
Untuk diketahui DOOH merupakan salah satu jenis publikasi yang targetnya berada di luar rumah dan fleksibel karena mampu menjangkau audience yang sedang “on the go” atau sedang bergerak dan disesuaikan berdasarkan habit mereka. Bisnis – bisnis dan perusahaan – perusahaan memanfaatkan jenis iklan ini untuk mempromosikan brand dan menyampaikan pesan mereka. (yan/s)