Jumat, 20 September 2024

Desa Modangan Kabupaten Blitar Ciptakan Barongan Ikonik

Diunggah pada : 5 Maret 2023 20:11:28 220
Foto: dok. persadablitar.id

Jatim Newsroom - Pemerintah Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar meluncurkan dan menetapkan satu jenis barongan asli daerahnya. Barongan tersebut dikenal dengan Barongan Warak yang diambil dari nama salah satu situs di Desa Modangan.

Melansir Persada FM, Kepala Desa Modangan, Moch. Bisri Mustofa mengungkapkan, lahirnya Barongan Warak ini karena Ia terinspirasi dari patung warak yang ada di situs Arca Warak Desa Modangan. 

"Setelah melakukan berbagai pemikiran dan diskusi, kami sepakat bersama pemuda dan pelestari budaya di Desa Modangan untuk menciptakan sosok barongan yang ikonik asli Desa Modangan," ujar Bisri saat perayaan Gebyakan, Jum’at (24/2/2023).

Saat diadakan Gebyakan serta launching Barong Warak, Bisri mengungkapkan jika sebelumnya pihaknya bersama pelaku kesenian jaranan yang bersangkutan telah melakukan ritual dengan menampilkan tarian di tiga pasar, yakni pasar Penataran, Pasar Nglegok, dan pasar Kutukan.

Kepala Desa Modangan tersebut juga mengatakan, jika nantinya setiap kelompok Jaranan yang ingin memakai tampilan Barongan Warak juga diperbolehkan sebagai bentuk upaya mengenalkan ikon Desa beserta menjaga kelestarian budaya. 

Terakhir, Bisri mengungkapkan filosofi dari hewan mitologi Warak ini adalah binatang yang besar kokoh dan kuat, sementara saat berjalan selalu tegak lurus sehingga Ia berharap Desa Modangan ini menjadi besar kokoh ekonominya tegak lurus pemimpinnya.(red)

#blitar