Jumat, 20 September 2024

Dansatmar Koarmada II Buka Latihan Pengamanan Pemilu

Diunggah pada : 13 November 2023 15:13:07 51
irlat Latihan Pengamanan Pemilu TA. 2023, membuka briefing awal latihan Pengamanan Pemilu Tahun 2023, bertempat di Puslatkaprang Kolat Koarmada II, Surabaya. Senin (13/11/2023).

Jatim Newsroom- Dansatmar Koarmada II Kolonel (Mar) Anjas Wicakson selaku Wadirlat mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., selaku Dirlat Latihan Pengamanan Pemilu TA. 2023, membuka briefing awal latihan Pengamanan Pemilu Tahun 2023, bertempat di Puslatkaprang Kolat Koarmada II, Surabaya. Senin (13/11/2023).

Pangkoarmada II dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dansatmar Koarmada II menyampaikan latihan ini adalah bukti komitmen kita dalam mendukung dan memastikan berlangsungnya pemilu yang aman damai dan demokrasi di wilayah tanggung jawab kita. Tahun depan kita akan dihadapkan pada dinamika politik menjelang pemilu tahun 2024, oleh karena itu sebagai Tentara Nasional Indonesia netralitas kita akan diuji, kita memiliki kewajiban dan tanggung jawab besar untuk menjaga netralitas dan integritas kita demi mensuksesan proses pemilu. Karena kita merupakan pilar pemersatu bangsa dalam pemilu ini, sangat penting menjaga dan menjamin keamanan agar proses pemilu dapat berlangsung dengan baik." ungkapnya.

Komitmen TNI untuk tidak berpolitik praktis merupakan keputusan pimpinan TNI yang tidak boleh ditawar. Hal ini bertujuan agar TNI lebih fokus pada penataan internal organisasi menuju pada jati diri TNI sebagai tentara rakyat tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Selain itu ketika semua orang sedang berkontestasi dibutuhkan jiwa besar para prajurit TNI untuk berdiri di tengah-tengah dalam menjaga kondusifitas.

"Karena itu saya ingin mengingatkan kita semua akan tanggung jawab luar biasa yang kita emban dalam menjaga keamanan dan stabilitas selama proses pemilu. Pemilu adalah tonggak demokrasi negara kita dan kita harus memastikan bahwa proses ini berjalan dengan aman bebas dari gangguan dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokratis latihan ini memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan kita dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses Pemilu kita harus memastikan kesiapan dalam menghadapi segala kemungkinan dari gangguan keamanan hingga bencana alam untuk memberikan perlindungan yang diperlukan kepada masyarakat," jelasnya.

"Saya percaya dengan persiapan dan latihan yang baik kita akan mampu menjalankan tugas Pengamanan pemilu dengan sukses dan memastikan proses pemilu berjalan dengan lancar terima kasih kepada seluruh prajurit yang telah berkomitmen dalam menjalankan latihan ini Mari bersama-sama menjaga kehormatan dan integritas kita dalam mengabdi kepada bangsa dan negara serta tidak lupa Mari kita bersama-sama memohon kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga latihan Pengamanan pemilu ini dapat berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya. (hjr)

#Pemilu 2024