Sabtu, 18 Mei 2024

Cari Informasi Aplikasi Teknologi, Peserta Diklat PKA Angkatan I Tahun 2024 Kunjungi Diskominfo Jatim

Diunggah pada : 3 Mei 2024 14:30:58 36
Kadis Kominfo Jatim, Sherlita bersama peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I tahun 2024 Provinsi Jawa Timur. (wahyu)

Jatim Newsroom - Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I tahun 2024 Provinsi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jatim, Jumat (3/5/2024). Dimana kunjungan PKA Angkatan I tahun 2024 ini ke Diskominfo Jatim terkait perkembangan sistem informasi dan aplikasi teknologi Komunikasi yang nantinya akan diterapkan di instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing - masing.

Dimana peserta diklat ini PKA Angkatan I Tahun 2024 ini, diikuti oleh Zainul Muttaqin, Suparmin dari Biro Adm. Pimpinan, Hazizah Dinsos Jatim, Rahmat Wageyanto dari Bakorwil Bojonegoro, dan Wawan dari Dinas PU Cipta Karya.

Kadis Kominfo Jatim, Sherlita menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja ini dan menyampaikan pentingnya sistem informasi, dan aplikasi teknologi untuk memudahkan para OPD dalam menyebarkan informasi dan mengumpulkan data.

Terkait aplikasi teknologi yang telah dibuat dapat menjadi perantara agar tugas fungsi bisa berjalan secara efektif dan efisien. Sherlita menuturkan, Diskominfo Jatim senantiasa siap memberikan bantuan berupa pengembangan aplikasi dan pengamanan, agar aplikasi tidak mudah terkena serangan hack, sehingga data selalu aman dan dapat diakses.

"Kita akan memulai bahwa aplikasi itu harus senantiasa dijaga, karena kalau tidak dijaga maka akan menjadi rentan terserang gangguan. Selanjutnya, tindak lanjut yang harus bapak/ibu lakukan setelah pembuatan aplikasi adalah pengembangan sehingga aplikasi akan benar-benar dipakai oleh masyarakat dan terus berkesinambungan," tutur Sherlita.

Diakhir kunjungan kerja, Sherlita mengungkapkan dua harapannya kepada masing-masing OPD terkait pembuatan aplikasi atau website dalam perkembangan jangka panjang. "Karena ini aplikasi jadi tolong mekanisme aplikasinya dipenuhi. Bapak/ibu diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan aplikasi seperti memperkaya fungsi aplikasi sehingga dapat berdampak bagi masyarakat. Selanjutnya, kami mohon agar Diskominfo Jatim diizinkan untuk mengakses aplikasi yang telah dibuat," harapnya.

Koordinator PKA Angkatan I tahun 2024, Zainul Muttaqin mengatakan studi lapangan ini bagian dari penyempurnaan penyusunan aksi perubahan tugas akhir dari peserta yang nantinya akan dipresentasikan. Dipilihnya Dinas Kominfo Jatim sebagai lokasi studi lapangan karena instansi dari Pemprov Jatim, dinilai memiliki keunggulan dalam mengembangkan dan menerapkan sistem informasi, dan teknologi informasi komunikasi bagi Pemprov maupun masyarakat umum.

"Pertama tujuan kami ke Kominfo Jatim yaitu bersilahturahmi serta ingin mengetahui perkambangan sistem informasi, dan aplikasi teknologi yang diterapkan di Diskominfo kemudian nanti akan kami terapkan dan gunakan di OPD masing - masing yang menjadi peserta diklat PKA angkatan I tahun 2024,"pungkas Zainul Muttaqin. (Pca /hjr)

#Diskominfo Jatim #sherlita