Jumat, 20 September 2024

Cabor Kabaddi Perdana di PON XXI/2024, Tujuh Provinsi Bertanding

Diunggah pada : 10 September 2024 15:53:44 19
Cabor Kabaddi. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom – Cabang Olahraga (Cabor) Kabaddi dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut resmi dibuka dan dipertandingkan di Gedung Olahraga Lubukpakam, Sumatra Utara. 

Mengutip laman https://ponxxi.sumutprov.go.id/, Selasa (10/9/2024), dalam pertandingan cabang olahraga Kabaddi PON XXI/2024 Aceh-Sumut ini berlaga tujuh Provinsi yaitu Jawa Timur, Aceh, Bali, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, dan Sumut. Dengan dua kategori yakni Putra dan Putri.

Ketua Umum PP FOKSI, I Gusti Bagus Alit Putra mengatakan dalam sambutannya sebagai atlet kabaddi harus bermain sportif mengikuti peraturan janji atlet atau janji wasit.

“Kita harapkan marwah kabaddi Indonesia lebih berkumandang. Dalam pertandingan PON ini harus sesuai dengan janji atlet dan juga janji wasit. Saya percaya semangat terus dan sportivitasnya juga harus tinggi. Semangat untuk meraih prestasi dan harus jaga nama baik daerah,” ucapnya Wagub Bali Periode 1998-2003 ini.

Olahraga beregu yang dimainkan sebanyak tujuh orang dalam satu tim ini merupakan olahraga nasional berasal dari Tamil Nadu India.

Permainan ini mencetak angka dengan menyerang daerah lawan dan menyentuh, menandai atau bertarung dengan sebanyak mungkin pemain bertahan tanpa tertangkap saat menahan nafas.

Penyerang harus kembali ke daerahnya dalam tarikan nafas yang sama. Pemain bertahan dalam membentuk rantai manusia, misalnya dengan saling bergandengan, yang jika rantai putus maka anggota tim bertahan harus keluar.

I Gusti Bagus menyampaikan atlet harus bermain adil, menghormati aturan permainan dan menang tanpa sombong. (idc/hjr)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional