Jumat, 20 September 2024

Bupati Ikfina Sebut Bunda PAUD adalah Tokoh Sentral Perwujudan PAUD-HI

Diunggah pada : 22 November 2022 15:47:11 20
Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Agenda Road Show Pembinaan Bunda Paud Desa yang diprakarsai Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto terus berlangsung. Melalui agenda tersebut, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mendorong terwujudnya Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di wilayah kerjanya. 

Bupati Ikfina melaksanakan pembinaan kepada Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Jatirejo dan Gondang, Senin (21/11/2022). Ia menyampaikan, terwujudnya PAUD-HI tentunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak. "Kebutuhan ini harus dipenuhi secara bersamaan, sistematis, dan terintegrasi," ungkapnya. 

Ia menjelaskan, Bunda PAUD merupakan sebuah predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintahan dan kepala pemerintahan perempuan sehingga di setiap jenjang hanya ada satu orang Bunda PAUD. 

Negara pun membebankan tugas kepada Bunda PAUD, yakni untuk mengupayakan layanan anak usia dini berkualitas di wilayahnya masing-masing. Ikfina yang merupakan Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto pun menjelaskan tiga tugas tersebut. 

"Bagaimana mengupayakan layanan anak usia dini berkualitas? Pertama adalah aman, Bunda PAUD harus memastikan bahwa layanan pendidikan anak usia dini ini aman untuk anak-anak belajar. Kedua adalah nyaman, apakah kondisi layanan pendidikan anak usia dini ini nyaman untuk anak-anak belajar? Ini tugas Bunda PAUD untuk memastikan. Ketiga adalah menjamin fasilitas perkembangan secara utuh terutama yang berhubungan dengan proses belajar mengajar ini," terangnya. 

Ikfina menyebut, Bunda PAUD merupakan figur sentral dalam mewujudkan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI). "Bunda PAUD adalah figur tokoh sentral yang mendorong upaya perwujudan PAUD yang berkualitas," tandasnya sebagaimana dirilis dalam laman resmi Diskominfo Kabupaten Mojokerto. 

Ikfina juga menjelaskan, kebutuhan esensial anak, yakni kebutuhan kesehatan, gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral emosional dan pengasuhan. Untuk memastikan anak-anak usia dini mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal dalam menunjung tumbuh kembang anak, Bupati Ikfina mengatakan, bakal membentuk Posyandu di satuan PAUD. Bupati Ikfina ingin, Posyandu di masing-masing satuan PAUD juga terintegrasi dengan Posyandu pada umumnya. 

Selain itu, Ikfina menambahkan, guru-guru PAUD nantinya juga harus melakukan parenting yang sama seperti dilakukan oleh kader Bina Keluarga Balita (BKB). (idc/n) 

#Bupati Mojokerto #BUNDA PAUD