Jumat, 20 September 2024

Buka Latgab Usar dan Navigasi Digital, Bupati Mojokerto Harapkan Relawan Makin Profesional

Diunggah pada : 3 Juni 2023 18:59:04 67
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Gabungan (Latgab) Urban Search And Rescue (Usar) dan navigasi digital, di Komplek Kasumi, Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Pada momen itu, Bupati Ikfina berharap agar para relawan semakin profesional dan terlatih serta semakin memiliki skill dalam menghadapi bencana, khususnya di bumi Majapahit.

Pelatihan gabungan Usar dan navigasi digital yang diinisiasi oleh Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto itu, diikuti oleh berbagai elemen lembaga relawan dari provinsi Jawa, Bali, Aceh hingga Sulawesi. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu (3-4/6/2023).

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Ikfina mengatakan, kegiatan pelatihan Usar dan navigasi digital ini digelar untuk meningkatkan kapasitas SDM relawan, yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Mojokerto. Ia berharap relawan semakin profesional dan terlatih serta semakin memiliki skill dalam menghadapi bencana,

“Saya atas nama Pemkab Mojokerto sangat mendukung sekali kegiatan pelatihan ini. Ini pelatihan yang pertama di wilayah Provinsi Jatim khususnya di Kabupaten Mojokerto,” terangnya, pada Sabtu, (3/6).

Lebih lanjut, Bupati Ikfina menerangkan, secara geografis, geologis, hidrologis dan demografis Kabupaten Mojokerto memiliki wilayah yang rawan dari berbagai ancaman bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia. Oleh karenanya, Bupati Ikfina pun mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat bersama-sama bertanggung jawab dalam hal pengurangan resiko bencana.

“Mari kita bersama bertanggung jawab mengurangi risiko bencana di Kabupaten Mojokerto melalui program – program pembangunan, perlindungan masyarakat dari dampak bencana, penjaminan pemenuhan hak masyarakat yang terkena bencana serta pemulihan kondisi dari dampak bencana,” ajak Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina pun menilai, pelatihan gabungan Usar dan navigasi digital ini merupakan komponen penting dalam sistem tanggap darurat. “Hal ini karena relawan penanggulangan bencana merupakan penggerak awal pada saat terjadi bencana dan tahap tanggap darurat bencana,” tukasnya.

Dengan pelatihan ini, Bupati Ikfina berharap agar relawan bisa menjadi tenaga profesional yang sangat terlatih dan terampil dalam mencari, mengevakuasi dan memberikan pertolongan pertama pada korban. Meski di lingkungan yang sulit dan berbahaya sekalipun.

“Jenis penyelamatan ini bersifat sangat teknis dan membutuhkan banyak keterampilan, pelatihan dan kerjasama tim. Relawan pun harus terampil untuk menavigasi berbagai bahaya serta aman dan efektif,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada Latgab Usar dan Navigasi Digital ini, turut hadir pula Basarnas, Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Ketua FPRB Kabupaten Mojokerto dan Forkopimca Gondang. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #BPBD Kabupaten Mojokerto