Jumat, 20 September 2024

BPS Jatim Publikasikan Profil Angkatan Kerja Perempuan Jatim

Diunggah pada : 4 Januari 2023 15:02:01 99
Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Salah satu tujuan utama dari pembangunan adalah mencapai kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam segala bidang. Indikator yang dapat digunakan untuk mengukur pencapaian pembangunan dalam hal kesetaraan laki-laki dan perempuan adalah Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG). 

Melansir laman resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur dalam laporan Profil Angkatan Kerja Perempuan Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 4 Januari 2023, Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan menerangkan bahwa secara umum, IPG menunjukkan adanya indikasi ketidaksetaraan dalam hal capaian pembangunan antara laki-laki dan perempuan. 

“Dari tahun ke tahun, jarak ketidaksetaraan tersebut semakin berkurang. Selain itu, peran serta dalam pembangunan juga terus membaik sebagaimana ditunjukkan oleh nilai IDG,” kata Dadang. 

IDG sangat dipengaruhi oleh peran tenaga kerja perempuan dalam hal keberdayaan dan keterlibatan mereka dari sisi ekonomi, misalnya bagaimana peran perempuan sebagai tenaga manager, profesional, administrasi, dan teknisi serta seberapa besar sumbangan perempuan dalam penghasilan dari pekerjaannya. 

Dadang menerangkan, guna memberikan gambaran tentang karakteristik tenaga kerja perempuan di Jawa Timur, maka disusunlah publikasi “Profil Angkatan Kerja Perempuan di Jawa Timur 2021” yang bisa diakses di https://jatim.bps.go.id/publication.html. 

Data yang disajikan dalam publikasi tersebut di antaranya adalah karakteristik ketenagakerjaan, tingkat pendidikan, lapangan pekerjaan utama, status pekerjaan utama, serta karakteristik penganggur dari tenaga kerja perempuan yang ada di Jawa Timur. 

“Pada publikasi tahun ini disajikan data tahun 2021, untuk menjaga keterbandingan data, penyajian series data 2019-2021 menggunakan penimbang proyeksi penduduk hasil SUPAS 2015,” kata Dadang. (idc/n)

#BPS Jatim #pemberdayaan perempuan