Jumat, 20 September 2024

BPS Jatim Catat Perkembangan Perekonomian Negara Mitra Dagang Utama

Diunggah pada : 30 November 2023 18:42:40 29
Data Manufacturing PMI Indonesia dan Beberapa Mitra Dagang Utama Tahun 2023. Sumber Foto: BPS Jatim

Jatim Newsroom – Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim) mencatat perekonomian negara mitra dagang utama Provinsi Jawa Timur pada bulan Oktober 2023 yaitu Jepang dan Amerika Serikat mengalami peningkatan nilai manufacturing Purchasing Managers Index (PMI). Sementara Tiongkok, India, dan Thailand terlihat mengalami penurunan nilai manufacturing PMI. 

Mengutip laman BPS Jatim (30/11/2023), Fungsional Statistisi Ahli Madya BPS Jatim, Debora Sulistya Rini, mengatakan salah satu negara tujuan ekspor olahan ikan, krustacea, dan moluska adalah negara Jepang. 

Kemudian pada bulan Oktober 2023, PT Perikanan Indonesia di Mayangan, Jawa Timur melakukan ekspor perdana dengan mengirimkan 3,5 ton cuttlefish fillet atau sotong filet untuk buyer di Jepang dengan valuasi Rp456 juta. 

“Sotong filet ini termasuk value added product berkualitas grade A yang dipasok untuk sajian mentah atau bahan sasyimi,” ujarnya. 

Ia juga menerangkan, golongan HS 2 digit utama impor Jawa Timur pada bulan Oktober 2023 antara lain HS 84 (Mesin dan peralatan mekanis), HS 10 (Serealia), dan HS 72 (Besi dan baja).

Gandum dan beras masih merupakan komoditi impor pada kelompok HS 10. Gandum sebagian besar diimpor dari Kanada, Amerika Serikat, dan Rusia. Sedangkan untuk beras sebagian besar diimpor dari Vietnam dan Thailand. (idc/s)

#ekspor #impor #BPS Jatim #Data Manufacturing

Berita Terkait

Jatim Gerbang Nusantara Baru
Ekonomi Jatim Tumbuh dan Tertinggi di Pu...
28 Agustus 2024
thumb
Festival Ekspor Jawa Timur 2024
Pj. Gubernur Adhy : Jatim Urutan Ketiga...
7 Agustus 2024
thumb