Jumat, 20 September 2024

Bersama Unair, Dinkes Jatim Optimalkan Lintas Sektor untuk Tingkatkan Imunisasi

Diunggah pada : 22 Juni 2023 19:19:24 65
Sub Substansi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Gito Hartono

Jatim Newsroom- Peran lintas sektor sangat penting dalam mendukung peningkatan imunisasi pada masyarakat Jawa Timur. 

Hal tersebut menjadi pokok diskusi dalam workshop " Peran Lintas Sektor Dalam Mendukung Akselerasi Imunisasi" di Jatim yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya, di The Southern Hotel Surabaya, Kamis (22/6/2023).

Sub Substansi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Gito Hartono mengatakan peran lintas sektor diharapkan bisa membentuk forum komunikasi guna mempercepat akselerasi program imunisasi.

Menurutnya, masih ada beberapa daerah di Jawa Timur yang masih rendah dalam program imunisasi hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman pentingnya imunisasi bagi anak.

Ia mengatakan imunisasi sangat penting bagi kekebalan tubuh anak dari berbagai penyakit. Jenis penyakit anak-anak sekarang ini bermacam-macam.

"Jika dulu kita meremehkan campak pada anak, sekarang tidak bisa kita remehkan karena bisa mengganggu fungsi organ dalam,apalagi sekarang ada penyakit batuk jenis pertusis yang juga gampang menyerang anak-anak", ujarnya.

Ia berharap forum lintas sektoral untuk peningkatan imunisasi bisa berjalan maksimal guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam imunisasi.

Sementara itu, akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair, Dr Arief Hargono mengatakan peran lintas sektoral sudah terbukti dalam mengajak masyarakat dalam berpartisipasi meningkatkan imunisasi. Hal tersebut sudah terlaksana saat penanganan covid-19, dimana kerja pentahelic sangat dibutuhkan.

"Nantinya berbagai sektor antara lain, ormas, media massa, dan pengusaha akan menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan bidang masing-masing,"ujarnya. (mad/hjr)

 

#dinkes