Jumat, 20 September 2024

Bangun Patriotisme di Hari Pahlawan 2022, Jatim Raih Dua Rekor MURI

Diunggah pada : 10 November 2022 13:21:54 14
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) menerima Piagam MURI Rekor Dunia.

Jatim Newsroom - Pada rangkaian Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menerima dua Piagam Musium Rekor Indonesia (MURI). Yaitu rekor Membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 3.219 meter di Jembatan Suramadu dan rekor Minum Beras Kencur Secara Hybrid dengan Peserta Terbanyak.

Penyerahan Rekor MURI ini ditandatangani Ketua Umum MURI, Prof. DR. (HC) KP Jaya Suprana, melalui Triyono selaku perwakilan MURI, kepada Gubernur Khofifah di kaki Jembatan Suramadu Wilayah Surabaya, Kamis (10/11/2022).

Pembentangan bendera Merah Putih dilakukan di Jembatan Suramadu dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jatim dan siswa sekolah dari SMAN 19 Surabaya. Sedangkan rekor Minum Beras Kencur Secara Hybrid Peserta Terbanyak tercatat sebanyak 20.770 peserta terdiri dari 18 ribu orang bersamaan secara hybrid dan sisanya on the spot, setelah upacara Hari Pahlawan.

"Pesertanya luar biasa. Oleh karenanya yang awalnya mendapat penghargaan Rekor Indonesia, namun sesuai marwah MURI dan instruksi dari Ketua Umum MURI Pak Jaya Suprana, maka kegiatan hari ini di Surabaya dinobatkan sebagai rekor dunia," kata Triyono.

Gubernur, Khofifah, setelah menerima Piagam MURI dua rekor dunia ini, mengatakan bendera merah putih yang dijahit siswa siswi SMK dari Kabupaten Mojokerto ini dibentangkan di Jembatan Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

"Hal ini seperti filosofi jembatan emas yang diungkapkan oleh Bung Karno, bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas maka penyeberangan di ujung jembatan emas adalah menata kehidupan yang lebih baik. Sedangkan warna merah putih adalah warna heroik warna yang memberikan identitas bagi bangsa dan negara Indonesia," ungkap Gubernur Khofifah.

Selain itu, kata Gubernur, terdapat bait dari Mars Patriot yang diujung liriknya mengatakan "Biar mata dunia memandang Indonesia, Kita Dahsyat dan Perkasa". Melalui lirik inilah Jawa Timur juga ingin dipandang oleh dunia bahwa Jatim gagah dan perkasa.

"Inilah jiwa patriotisme yang kita persembahkan, yaitu dengan mempersembahkan pembentangan bendera merah putih sepanjang 3.219 saat peringatan Hari Pahlawan 10 November," ujarnya.

Sementara untuk rekor meminum Jamu Beras Kencur dilakukan karena saat ini jamu tradisional beras kencur sedang diusulkan ke UNESCO.

"Sebagai bagian dari produk Indonesia, jamu tradisional beras kencur diharapkan bisa menyehatkan badan dan menyehatkan jiwa. Selain itu bila produksinya bagus maka menyehatkan dompetnya. Di sinilah nuansa merah putih dan nuansa membangun UKM harus bersatu, karena memang membangun negeri ini antara lain harus dibangun kesejahteraan masyarakatnya," terang Gubernur Khofifah. (pno/s)

#rekor dunia MURI