Jumat, 20 September 2024

Balap Sepeda Jatim Bawa Pulang Emas di Nomor Team Time Trial

Diunggah pada : 12 September 2024 19:11:33 57
Cabor Balap Sepeda. Sumber Foto: PB PON XXI/2024 Sumut

Jatim Newsroom - Tim balap sepeda Jawa Timur (Jatim) berprestasi di nomor Team Time Trial (TTT) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2024 Aceh-Sumut. Dua medali emas berhasil dibawa pulang, yakni kategori putra dan putri, dalam pertandingan di Serdang Bedagai, Sumatra Utara. 

 

Mengutip laman KONI Jatim, Kamis (12/9/2024), di nomor TTT kategori putri, rider Jatim Syahla Syafiah dan Nihayatuzzain Asshofi berhasil merebut emas setelah menyelesaikan rute sepanjang 20 kilometer dengan waktu 28 menit 16,990 detik. Medali perak jatuh ke tim Jawa Tengah yang diwakili Farrenty Desfenta Putri dan Shafira Nur Azizah. Sedangkan perunggu diraih Nayla Chintya Putri dan Sabrina Shafinia asal Yogyakarta.

 

Dominasi Jatim berlanjut ke nomor TTT putra. Duet Januar Alki Zulkarnain dan M. Syelhan Nurrahmat berhasil melibas rute sejauh 40 km dengan Waktu tercepat 48 menit 4,198 detik. Medali perak diraih Julian Abimanyu dan M. Aflah dari Banten. Sementara medali perunggu diraih tim Jawa Tengah melalui pasangan M. Farrel Alfaridzi dan Awang Prana Pradipta.

 

Dengan tambahan dua emas dari nomor TTT, tim balap sepeda Jatim kini telah mengantongi delapan medali emas. Melebihi target awal tujuh medali emas.

 

Sebelumnya, Jatim juga berhasil mengawinkan gelar di nomor Individual Time Trial (ITT). Lalu mencatat prestasi luar biasa di nomor sepeda gunung (MTB) dengan empat emas, termasuk dua emas di Downhill (DHI), satu emas di cross country olympic (XCO) putra, dan satu lagi di cross country team relay (XCR). “Alhamdulillah, target tujuh emas sudah tercapai. Kami bahkan sudah mengumpulkan delapan emas,” ujar Kepala Binpres Pengprov ISSI Jatim Sugeng Trihartono.

 

Peluang Jatim menambah pundi-pundi emas masih terbuka lebar. Masih ada nomor Individual Road Race (IRR) dan Criterium di nomor Road Race yang akan dilombakan, serta nomor BMX yang juga belum digelar. “Pencapaian delapan emas ini membuat para atlet semakin termotivasi untuk menambah lebih banyak medali emas bagi balap sepeda Jatim,” tegas Tono. (idc/hjr)

#PON #PON XXI 2024 #pekan olahraga nasional