Jumat, 20 September 2024

Asops Danlantamal V Tutup Uji Terampil Glagaspur TA 2023

Diunggah pada : 12 Desember 2023 20:48:10 101

Jatim Newsroom- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han diwakili Asisten Staf Operasi (Asops) Danlantamal V Muhammad Taufik, M. Tr. Hanla., M. M menutup Uji Terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat I/P1 dan Tingkat II (P2) di Ruang Rapat Mako Lantamal V, Surabaya. Selasa (12/12/2023).

Ketua tim Uji Terampil Glagaspur Koarmada II Letkol Laut (P) Ferry Kurniawan memaparkan metode penilaian glagaspur pangkalan diantaranya uji tulis, uji lisan, observasi, penimbul situasi dan penilaian teknis. Kemudian evaluasi dari kegiatan tersebut dalam bidang intelijen yaitu agar pers intelijen melaksanakan update ADO dan peta kerawanan sesuai wilayah kerja & melaksanakan sosialisasi pengamanan senjata dan amunisi.

Di bidang operasi dan latihan yaitu memahami mekanisme pelaksanaan P1 dan P2 dengan software dan kelengkapan latihan (buku tempur), melaksanakan sosialisasi penggunaan APAR kepada prajurit dan PNS. Bidang logistik antara lain kebutuhan sarana Alpung, memahami mekanisme penyimpanan dan penyaluran bekal, melaksanakan pengecekan APAR dan menyiapkan pemadam konvensional. Bidang personil yaitu penyiapan regenerasi pers terkait kebaharian, tali temali dan komunikasi, pengisian jabatan militer oleh PNS, komposisi strata belum sesuai (terjadi penggelembungan pada strata Bintara.)

Kesimpulan dari giat glagaspur tersebut antara lain pelaksanaan rangkaian kegiatan uji glagaspur Pangkalan P1 dan P2 Mako Lantamal V berjalan dengan aman dan lancar, dinyatakan lulus dengan nilai kualitatif dan kuantitatif menyusul. Semangat dan kesungguhan prajurit Mako Lantamal V dalam pelaksanaan uji glagaspur sangat baik.

Sementara itu keterbatasan personil (PA/BA/TA) berpengaruh terhadap fungsi komando dalam pelaksanaan latihan taktis lapangan, kelengkapan dokumen di Mako Lantamal V secara umum cukup lengkap, beberapa dokumen pendukung pada tiap tiap satker agar dilengkapi dan disiplin perjurnalan. Mekanisme pelaksanaan giat latihan perlu menjadi perhatian, untuk meningkatkan profesionalisme prajurit Mako Lantamal V. 

Turut hadir dalam penutupan Uji Terampil Glagaspur, para PJU Lantamal V, para Danlanal Jajaran Lantamal V, para Kasatker Lantamal V, tim uji terampil P1-P2 Komando Latihan (Kolat) Koarmada II.(hjr)

#lantamal v