Jumat, 20 September 2024

648 Jemaah Haji NTT Berangkat ke Baitullah dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya

Diunggah pada : 3 Juni 2024 14:31:27 102
648 jemaah haji asal NTT yang berangkat dari AHES. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Jatim Newsroom – Sejumlah 648 jemaah haji yang berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 78 telah berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Minggu (2/6/2024).

Melalui pers rilis Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, pada Senin (3/6/2024), pemberangkatan tersebut secara langsung dilepas oleh Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G.L. Kalake, dengan didampingi Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi beserta Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus Sayerinus Sely Seran.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sebanyak 648 jemaah haji NTT yang tergabung dalam kloter 78 dan 79 siap berangkat ke tanah suci dengan perasaan bahagia dan gembira yang membara,” tutur Ayodhia dalam sambutannya.

Kepada jemaah, Ayodhia pun mengucapkan selamat karena mereka adalah orang-orang yang dipilih Allah SWT untuk menjadi tamu-Nya di Baitullah. Ia mengingatkan para jemaah, bahwa ibadah haji tidak hanya sekadar perjalanan fisik namun juga merupakan perjalanan spiritual untuk menguji keimanan para hamba Allah SWT.

“Bapak/Ibu akan mendapat ujian keimanan ketika berada di tanah suci tetapi ingatlah Allah SWT akan senantiasa bersama dengan hamba-Nya yang menjalani setiap ujian dengan penuh kesabaran dan keikhlasan,” tutur pria yang diketahui berdarah Adonara, Flores Timur yang lahir dan besar di Bandung, Jawa Barat ini.

Pemmberangkatan jemaah asal NTT, dari AHES. Foto : Humas Kanwil Kemenag Jatim

Ayodhia pun mengingatkan, agar para jemaah selalu menaati peraturan yang berlaku di Arab Saudi dan dapat menjaga ketertiban selama berada di negeri orang tersebut. Ia berpesan, untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran fisik karena pelaksanaan rangkaian ibadah haji dibutuhkan stamina yang prima.

Selain itu, Ayodhia pun berharap agar para jemaah haji dapat memanfaatkan setiap langkah pada perjalanan ibadah haji sebagai sarana untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “Semoga Bapak/Ibu pulang ke tanah air dengan menjadi haji yang mabrur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag NTT, Reginaldus Saverinus Sely Seran dalam wawancaranya menjelaskan, kuota total NTT adalah 495 jemaah, namun karena ada mutasi keluar pindah berangkat dari provinsi lain sejumlah 47 orang, sehingga yang berangkat melalui Embarkasi Surabaya sejumlah 648 orang yang tergabung dalam kloter 78 dan kloter 79.

Reginaldus menerangkan, ada 2 jemaah haji NTT yang tergabung kloter 78 tertunda keberangkatannya karena mengalami sakit.

Sedangkan, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya yang juga Plt. Kakanwil Kemenag Jawa Timur, Mufi Imron Rosyadi menjelaskan hingga Minggu (2/6/2024), AHES telah memberangkatkan 29.283 orang atau sekitar 75 persen. Jumlah tersebut terdiri dari 28.888 jemaah dan 395 petugas. Pada Minggu (2/6/2024), AHES menerima kedatangan 3 kloter, yakni kloter 80, kloter 81, dan kloter 82 dari Kabupaten Gresik. (vin/hjr)

#Haji #jemaah haji #AHES #Haji 2024 #Berita Haji 2024