Jumat, 29 Maret 2024

Yuk Ikuti Jatim Kominfo Festival (JKF) di Kota Batu, 25-28 Juli 2022!

Diunggah pada : 21 Juli 2022 8:15:40 334
Kepala Bidang Komunikasi Publik, Diskominfo Jatim, Assyari

Jatim Newsroom - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim) akan menggelar Jatim Kominfo Festival (JKF) Tahun 2022, di Kota Batu, selama 4 (empat) hari pada tanggal 25-28 Juli 2022. 

Adapun beberapa kegiatan yang akan digelar dalam 4 hari tersebut berupa Forum Statistik, Forum Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Forum Walidata, Workshop Kehumasan, Workshop Relawan TIK, dan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). 

Ada juga Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Kim.id, Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), Pameran Diskominfo Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota se-Jatim, serta Pertunjukan Rakyat (Pertura) seni dan budaya lokal Jatim. 

Kepala Bidang Komunikasi Publik, Diskominfo Jatim, Assyari menjelaskan bahwa JKF ini adalah agenda rutin setiap 2 (dua) tahun sekali. "Setelah pandemi Covid-19 mulai mereda dan melandai, kita akan menggelar pada tahun 2022 ini. Alhamdulillah persiapannya sudah cukup maksimal dan hampir bisa dikatakan 85%, tinggal koordinasi saja," ujarnya. 

Assyari menjelaskan, tujuan dari kegiatan JKF 2022 ini adalah untuk mengedukasi masyarakat dengan beberapa informasi yang bermanfaat, murah, dan mudah diakses. 

Selain itu, untuk menciptakan pegiat media sosial yang dapat mendiseminasikan informasi positif dengan konten yang kreatif. "Termasuk di dalamnya kita punya tujuan menciptakan mitra pemerintah yang dapat menyebarluaskan informasi terkait dengan kinerja pemerintah," imbuhnya. 

Diskominfo Jatim melibatkan berbagai pemangku kepentingan dalam JKF 2022 ini, termasuk Diskominfo Kabupaten/Kota se-Jatim.

"Mereka sudah memastikan akan hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan JKF 2022 ini," sambung Assyari. 

Tak hanya itu, Diskominfo Jatim juga melibatkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan para relawan TIK. "Selama ini mereka sudah bermitra dengan kami cukup intens. Kita juga sering melakukan pendampingan dan pembinaan kepada mereka dan semuanya itu akan benar-benar meramaikan dan menyukseskan kegiatan JKF 2022 ini," terang Kabid Assyari. 

Pada pembukaan JKF 2022 di tanggal 25 Juli 2022 nanti, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan membuka. Gelarannya pun akan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Timur, Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur, Kepala Dinas Provinsi, Kepala Dinas Kabupaten/Kota, Perangkat Daerah, dll. 

"Untuk pameran akan menghadirkan inovasi dan kreativitas yang selama ini sudah menjadi bagian dari program-program Dinas Kominfo, baik itu di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota," katanya. 

Selain itu, di sela-sela JKF 2022 ini, ada juga yang mewarnai berupa kegiatan Anugerah Pewarta Warga (APW). "Ini nanti ada awarding-nya di penutupan bagi mereka yang benar-benar mempunyai keinginan yang baik untuk menciptakan sebuah konten-konten kreatif. Jadi di APW ini ada pewarta dari warga sendiri nanti akan kita seleksi yang terbaik," terang Assyari. 

Ia pun menjelaskan bahwa kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Kominfo RI. "Beberapa program yang ada di sana, baik itu di Direktorat Aptika maupun IKP akan dihadirkan bersamaan waktunya untuk memeriahkan JKF 2022 ini," ungkapnya.  

Dengan persiapan yang sudah dilakukan, Kabid Assyari optimistis terhadap penyelenggaraan JKF ini. "Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Timur untuk menyukseskan kegiatan JKF 2022. Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital," pungkasnya. (idc/n)

 

#Diskominfo Jatim #Batu #JKF 2022 #Jatim Kominfo Festival