Senin, 15 Juli 2024

Warga Lereng Gunung Arjuno Gelar Sedekah Bumi

Diunggah pada : 10 Juni 2024 21:28:47 36
Foto : Kominfo Kab Pasuruan

Jatim Newsroom – Budaya sekaligus tradisi dua tahunan, sedekah bumi digelar oleh ribuan warga Lereng Gunung Arjuno di Kelurahan Prigen, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan hari ini, Senin (10/6/2024), Budaya sekaligus tradisi dua tahunan tersebut dipusatkan di Lapangan Desa setempat, dan dihadiri oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto.

Andriyanto berterima kasih kepada seluruh warga Prigen yang tetap mempertahankan sedekah bumi sebagai tradisi yang terus lestari hingga kini. Andriyanto mengajak seluruh masyarakat untuk tidak hanya meramaikan kegiatan dengan datang ke tempat acara. Namun ikut memviralkan budaya tersebut agar semakin dikenal oleh para wisatawan yang tertarik berpiknik ke Kecamatan Prigen.

Acara tsedekah bumi ini berisikan parade hasil bumi warga Prigen. Mulai dari buah-buahan, sayur mayur, hingga aneka kue, jajanan pasar dan makanan ringan yang dibentuk menjadi ancak raksasa.

Ketua Panitia Sedekah Bumi Kelurahan Prigen, Nur Kholis mengatakan, total ada 46 ancak raksasa yang diarak keliling kampung. Setelah selesai, barulah puluhan ancak tersebut dikumpulkan jadi satu di lapangan desa, didoakan, dan diakhiri dengan rebutan (berebut) isi ancak untuk bisa dibawa pulang.

Ancak-ancak yang diarak juga dihias sehingga terlihat cantik. Banyak juga ancak yang dilengkapi dengan replika hewan ternak dan satwa dan pawainya diikuti ratusan orang serta dimeriahkan kesenian terbangan, bantengan, hingga barongsai.

Dijelaskan Kholis, tujuan digelarya sedekah bumi adalah sebagai perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan hasil bumi untuk masyarakat. (yan)

 

 

#kabupaten pasuruan