Senin, 24 Juni 2024

Wapres Ma'ruf Amin Resmi Buka MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan

Diunggah pada : 13 Oktober 2022 6:34:30 70
Kafilah Jatim pada acara pembukaan MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan di Kiram Park Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan.

Jatim Newsroom- Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor resmi melakukan pembukaan MTQ Nasional XXIX Kalimantan Selatan yang berlangsung di Kiram Park Kabupaten Banjar, Rabu (12/10/2022) malam. 

Dari Kafilah Jatim hadir dalam pembukaan yakni Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim, Gatot Subroto, bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram dan Ketua III Lembaga Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Jatim, KH Abdul Hamid serta sejumlah perwakilan dari Kafilah Jatim.

MTQ Tingkat Nasional ke-29 Tahun 2022 diikuti 1.676 peserta  yang berasal dari 34 provinsi. Jumlah peserta tersebut akan mengikuti 8 cabang lomba. Kedelapan cabang lomba tersebut adalah cabang Seni Baca Al-Qur'an, Hafalan Al-Qur'an, Tafsir Al-Qur'an, Syarhil Qur'an, Kaligrafi, Qiraat Al Qur'an, Fahmil Qur'an dan cabang Karya Tulis Al-Qur'an (KTIQ)

Dalam sambutannya, Wapres Ma'ruf Amin mengharapkan, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

"MTQ diharapkan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah," ungkap Ma'ruf Amin  dalam sambutannya pada Pembukaan MTQ Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022.

"Saya optimis, Musabaqah Tilawatil Qur’an dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju," ungkap Wapres.

Menurutnya Al-Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," imbuh Wapres. (jal/n)

 

 

 

#kafilah Jatim #MTQ Nasional 2022