Selasa, 23 April 2024

Walikota Mojokerto Minta Tim Fasilitator Dinas PU Beri Edukasi Pola Hidup Sehat

Diunggah pada : 10 Mei 2022 16:01:08 100
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari

Jatim Newsroom-Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, meminta kepada Tim Fasilitator Lapangan (TFL) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto yang bertugas sebagai pendamping untuk program sanitasi dan bantuan rumah swadaya, agar memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat.

"Saya berharap besar kepada para TFL tidak hanya sekedar mendampingi pembangunan fisik Instalasi Pengolahan Air limbah (IPAL) atau sanitasinya saja, tapi tolong berikan edukasi terkait pola hidup bersih dan pola hidup sehat kepada masyarakat," kata walikota, Senin (9/5/2022).

Selain itu, terkait dengan program bantuan rumah swadaya, wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini meminta agar TFL menyisir kembali data bantuan rumah swadaya yang sudah masuk guna memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

"Tolong TFl ini juga tidak hanya sebagai pendamping didalam pelaksanaan bedah rumahnya, kalau ada yang kondisinya lebih prioritas silahkan disampaikan, karena kuota bantuan rumah swadaya tahun 2022 ini terbatas, hanya dari APBD, jadi nanti yang lebih prioritas kondisinya kita dahulukan," jelas Ning Ita.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DPUPRPRKP Kota Mojokerto, Evi Anggraeni, menjelaskan tahun 2022 ada 11 titik IPAL yang akan dibangun, serta 100 unit bantuan rumah swadaya secara reguler, 10 rumah untuk korban bencana dan 10 rumah untuk relokasi program pemerintah.

"Untuk sanitasi tahun 2022 ini yang akan kita bangun ada 11 titik IPAL, diantaranya 6 IPAL ada di Kecamatan Prajurit Kulon, 4 IPAL di Kecamatan Magersari dan 1 IPAL di Kecamatan Kranggan. Sementara untuk program rumah swadaya secara reguler ada 100 rumah, kemudian 10 rumah untuk korban bencana dan 10 rumah untuk relokasi program pemerintah, jadi total ada 120," jelasnya.

Untuk program bantuan rumah swadaya, saat ini DPUPRPRKP Kota Mojokerto sedang melakukan tahap verifikasi lapangan guna memastikan bantuan akan tepat sasaran. "Ini sedang kami lakukan tahap verifikasi lapangan, jika ada yang lebih prioritas maka akan kami lakukan pergeseran data, karena kuota kami juga terbatas," pungkasnya. (ern/s)

#Jawa Timur #mojokerto