Kamis, 25 April 2024

Walikota Mojokerto Ajak Anak Yatim Berbelanja Baju Lebaran

Diunggah pada : 29 April 2022 3:26:50 71
Anak-anak yatim berbelanja baju untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, Kamis (28/4/2022).

Jatim Newsroom- Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari, mengajatak anak-anak yatim berbelanja baju untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.Kamis (28/4/2022). 

Mereka kemudian berjalan bergandengan dan beriringan dengan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menuju salah satu unit toko pakaian. “Sejatinya orang yang bahagia adalah orang yang bisa membahagiakan orang lain. Maka hari ini saya menjadi orang tua asuh sehari bagi 50 anak yatim di Kota Mojokerto. Mereka kita ajak membeli kebutuhan lebaran,” ungkap sosok yang akrab disapa Ning Ita setelah membantu anak-anak menyerahkan pakaian mereka ke petugas kasir. 

Menurutnya, lebaran bagi anak-anak identik dengan baju baru. Maka, hari ini ia memberikan kebebasan bagi anak-anak yatim tersebut untuk memilih baju baru sebagai persiapan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

“Selain baju, ada juga yang membeli tas, sandal, sepatu, dan bahkan tidak hanya untuk mereka sendiri, tapi ada juga yang membelikan untuk kakak atau adiknya," tambah Ning Ita.

Masing-masing anak mendapat jatah senilai 500 ribu rupiah. Mereka bebas memilih item apapun yang ada di toko tersebut asalkan senilai dengan nominal yang ditetapkan.

"Ini adalah program OASE (orang tua sehari) di bulan Ramadhan yang dicetuskan oleh Baznas Jawa Timur, yang kemudian bersinergi dengan Baznas Kota Mojokerto. Jadi kepala daerah dan kepala OPD diharapkan bisa menjadi orang tua asuh sehari bagi anak-anak yatim," tutur Ketua Baznas Kota Mojokerto, Dwi Hariadi di lokasi yang sama.

Melalui program tersebut harapannya anak-anak yatim dapat merasa terlindungi dan terayomi oleh pemerintah. Sehingga mereka tidak perlu berkecil hati atas keadaan yang harus dihadapi.

Fauziyyah Kartika Putri (11), salah satu anak yatim yang ikut berbelanja dengan Ning Ita hari ini mengaku sangat senang dan bersyukur.

"Senang sekali bisa milih-milih baju. Ini nanti mau dipakai saat unjung-unjung ke saudara-saudara," ucap siswa MI Nurul Huda I itu. 

Sejumlah ibu yang turut mendampingi putra-putri mereka pun juga sependapat dengan Fauziyyah.

"Seneng bisa belanja bareng ning Ita. Saya sampe terharu. Terima kasih nggeh buat Ning Ita, lebaran kali ini jadi lebih berkesan," ujar ibu salah satu anak yatim Dwi yulianti Ningsih, warga Kauman.(ern)

#Jawa Timur #mojokerto