Kamis, 25 April 2024

Wali Kota Mojokerto Hadiri Silaturahmi Forkopimda se-Jawa Timur

Diunggah pada : 12 April 2023 10:38:59 17

Jatim Newsroom –  Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri pertemuan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se- Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023).

Wali Kota Mojokerto yang akrab disapa Ning Ita itu menyampaikan, pertemuan ini bertujuan untuk menguatkan sinergitas jajaran Forkopimda se-Jawa Timur serta untuk menyusun rencana aksi sebagai antisipasi tindak kriminalitas khususnya menjelang hari raya idul fitri.

“Arahan dari Ibu Gubernur bahwa masing-masing daerah agar menyiapkan detail plan dan action plan yang terukur supaya Jatim tetap ayem tentrem guyub rukun," kata Ning Ita menyampaikan pesan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ning Ita juga menjelaskan, salah satu poin yang perlu menjadi perhatian untuk keamanan dan ketentraman di Jawa Timur adalah esktremisme, radikalisme, dan intoleransi di masyarakat.

“Radikalisme dan ekstremisme perlu diwaspadai bersama, karena kelompok-kelompok ini dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat,” jelasnya.

Menurut Ning Ita, warga Kota Mojokerto itu memiliki toleransi yang tinggi khususnya dalam beragama.

“Bisa kita lihat bahwa di Kota Mojokerto toleransi antar umat beragama sangat tinggi, enam agama ada di Kota Mojokerto dan lihat tidak pernah ada keributan antar umat beragama di kota tercinta ini. Semua umat beragama dapat hidup berdampingan,” tukasnya.

Selanjutnya, Ning Ita juga menandaskan, pihaknya bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto dan semua tokoh agama serta tokoh masyarakat, akan siap bersinergi untuk menjaga kondusifitas di Kota Mojokerto.

“Dengan sinergi semua pihak insya Allah kondusifitas dan keamanan di Kota Mojokerto dapat terjaga,” tandasnya.

Sebagai simbol kerukunan antar umat beragama yang terjalin dengan baik di Kota Mojokerto nantinya akan dibangun tempat ibadah untuk enam agama di Kawasan Wisata Taman Bahari Mojopahit

Diketahui, dalam agenda ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirintelkam Polda Jatim dengan para pengurus pencak silat di Jawa Timur yang disaksikan oleh Gubernur Jatim. Selain itu juga, dilakukan penyerahan penghargaan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto kepada daerah yang telah melakukan pemasangan palang pintu kereta api di daerahnya. (vin)

 

#Kota Mojokerto #Wali Kota Mojokerto