Sabtu, 20 April 2024

Wali Kota Mojokerto Ajak Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie Berwisata

Diunggah pada : 8 Juni 2022 16:25:15 90
Walikota saat memandu wisata bagi Tamu Singkawang

Jatim Newsroom- Sudah menjadi hal yang lumrah bagi Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari, untuk memandu wisata bagi tamu-tamunya yang berkunjung ke Kota Mojokerto. Kali ini, adalah Wali kota Singkawang Tjhai Chui Mie yang secara langsung diajak berkeliling kota, Selasa (7/6/2022).

Ning Ita sapaan akrab Wali kota mengajak Wali kota Singkawang beserta jajarannya mengunjungi dua cagar budaya di Kota Mojokerto, yaitu Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hok Sian Kiong dan SD Purwotengah yang dulunya merupakan tempat menuntut ilmu bagi Soekarno Sang Proklamator.

Di Klenteng Hok Sian Kiong ini, orang nomor satu dari Kota Seribu Klenteng menyempatkan diri untuk beribadah disela-sela kunjungan kerjanya. Didampingi pengurus TITD Gede Sidarta, Wali kota Tjhai Chui Mie sembahyang pada masing-masing rupang dewa di klenteng yang berdiri sejak tahun 1823 ini. 

Dari klenteng tertua di Kota Mojokerto, rombongan menuju SD Purwotengah di Jalan Taman Siswa. Di sekolah ini Ning Ita menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Mojokerto berusaha menjaga keaslian bangunan yang dulunya merupakan Sekolah Ongko Loro ini. “Selain bangunan gedung, bangku dan papan tulis merupakan peninggalan yang otentik,” jelas Ning Ita kepada rombongan dari Kota Singkawang. 

Atas sambutan Ning Ita ini, Wali kota Tjhai Chui Mie mengungkapkan terimakasihnya. “Saya terima kasih sekali kepada Ibu Wali kota beserta jajarannya yang sudah terima rombongan kami dari kota Singkawang di mana tujuan kami ke sini karena ingin belajar kota pusaka yang ada di Kota Mojokerto,” ungkapnya. 

Tjhai Chui Mie juga mengungkapkan bahwa berkunjung ke sekolah Soekarno mempunyai suatu nilai tersendiri. “Berkunjung langsung ke sekolahnya Bapak Presiden pertama, Bapak Insinyur Soekarno tentu ini punya sejarah, punya nilai untuk menyemangati kita, untuk ingat menjaga persatuan kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila membumikan Pancasila,” terangnya usai berkeliling SD Purwotengah bersama Ning Ita. 

Dalam kesempatan yang sama Ning Ita mengungkapkan bahwa Kota Mojokerto dan Kota Singkawang maing-masing memiliki warisan budaya yang menjadi kekhasan daerah masing-masing. “Kita memiliki warisan budaya masing-masing berbeda, namun kekhasan bagi daerah kita masing-masing. Kalau Mojokerto budaya warisan dari Majapahit yang cukup kental kalau Singkawang kota seribu kuil jadi memiliki sejarah dan budaya nya masing-masing. Nah ciri khas ini yang bisa dikolaborasikan disinergikan dalam membangun kota kita masing-masing yang memiliki potensi budaya yang menarik,”pungkasnya.(ern/s)

#mojokerto