Senin, 6 Februari 2023

Wakil Ketua KORMI Jatim: Olahraga adalah Tabungan untuk Sehat

Diunggah pada : 10 November 2022 20:23:52 22
Pelantikan Pengurus KORMI Kabupaten Pasuruan masa bakti 2022-2026 pada hari Rabu (9/11/2022) di Kabupaten Pasuruan.

Jatim Newsroom – Mewakili Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur, Hudiyono, Wakil Ketua II Kormi Jatim, Edi Purwinarto melantik Pengurus KORMI Kabupaten Pasuruan masa bakti 2022-2026 pada hari Rabu (9/11/2022) di Kabupaten Pasuruan. 

Dalam sambutannya, Edi mengatakan bahwa kesadaran masyarakat masih cenderung fokus pada pendekatan kuratif atau penyembuhan ketika sakit. “Jadi menunggu sakit dulu, belum ke arah promotif dan preventif. Nah, KORMI berupaya menggeser perspektif itu, bahwa olahraga itu sifatnya ya tabungan untuk sehat,” tegasnya. 

Edi mengharapkan pengurus KORMI Kabupaten Pasuruan bersinergi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk merumuskan langkah-langkah strategis di bidang olahraga. 

“Perlu ada kerja sama yang bagus dengan KONI, termasuk ketika ada kompetisi. Jadi apa yang KORMI tanam untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat juga bisa masuk ke jenjang berikutnya yaitu ke arah prestasi,” terang Edi. 

Ketua KORMI Kabupaten Pasuruan, Lulus Ratnawati Yudi, mengatakan bahwa pihaknya siap mewujudkan ketahanan fisik, mental, dan spiritual, bagi warga Kabupaten Pasuruan melalui olahraga tradisional. 

“Kami juga sudah melakukan sosialisasi ke 24 kecamatan terkait olahraga tradisional khas Pasuruan yaitu Bola Tembak atau Boltem. Responsnya baik dan akan kami tindaklanjuti dengan mengadakan kompetisi,” tuturnya. 

Mengamini hal tersebut, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, sepakat untuk mengadakan kompetisi Boltem dan membuat piala bergilir. 

“Saya setuju, bahkan jangan hanya boltem, perlu banyak inisiatif olahraga tradisional lainnya. Jadi kita memotivasi masyarakat untuk gemar berolahraga. Tentunya dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan keamanan, harus safety,” papar Bupati Irsyad. (idc/n)

#KORMI Jatim #kabupaten pasuruan