Selasa, 23 April 2024

Wakil Ketua DPRD Jatim Apresiasi Kenaikan Gaji TNI/Polri

Diunggah pada : 2 Februari 2024 13:41:27 16
Wakil Ketua DPRD Jatim, Istu Hari Subagio ditemui di ruangan kerjanya. (Pca)

Jatim Newsroom - Wakil Ketua DPRD Jatim, Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio memberikan apresiasi yang tinggi atas keputusan presiden RI Joko Widodo yang menaikkan gaji TNI / Polri tahun 2024 ini.

Istu yang juga Ketua DPD Pepabri (Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri ) Provinsi Jawa Timur,mengatakan sudah saatnya prajurit TNI / Polri untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah khususnya menyangkut kesejahteraan prajurit.

Mengingat, kenaikan harga kebutuhan pokok dipasaran juga naik dan kedua institusi tersebut punya tugas berat yakni menjaga kedaulatan negara dan keamanan di Indonesia. “Banyak prajurit di lapangan yang rela meninggalkan keluarga cukup lama untuk menjadi garda terdepan untuk tugas operasi di daerah rawan konflik ataupun di daerah perbatasan,” ujar Istu yang juga mantan pangdam bukit barisan dikonfirmasi, Jumat (2/2/2024)

Istu yang juga kelahiran Kertosono Nganjuk ini menjelaskan, dengan memberikan peningkatan gaji tersebut bisa dikata sebagai upaya pemberian penghargaan atas pengorbanan dari prajurit yang di lapangan. “Tentunya hal tersebut bisa memotivasi prajurit di lapangan untuk lebih maksimal lagi dalam melaksanakan tugas negara guna menjaga keamanan di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya.

Istu menambahkan, dengan adanya kenaikan gaji tersebut tentunya  kesejahteraan prajurit akan meningkat dan berdsmpak terhadap peningkatan daya beli bagi masyarakat tentunya. “Selain bisa meningkatkan kesejahteraan, daya beli dan tentunya juga akan berimbas kepada ekonomi masyarakat juga otomatis meningkat, insyaAllah pertumbuhan ekonomi juga bisa bangkit,”pungkas Istu yang juga mantan Gubernur AKMIL ini.

Sekedar diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan gaji pokok ASN pusat dan daerah termasuk TNI/Polri naik. Untuk kenaikan gaji TNI aturannya tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 6 tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia. “Ketentuan sebagaimana dimaksud pada angka 1 mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2024,” demikian bunyi beleid tersebut dikutip Selasa (30/1/2024).

Sementara aturan kenaikan gaji aparat kepolisian tertuang dalam PP Nomor 7 Tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 Tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia. Daftar gaji itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 6 tahun 2024 tentang Perubahan Ketiga Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia. (Pca)

#dprd jatim